Pemkab Tanah Bumbu

Ready Kambo Ikuti Vicon Pengumuman Pemenang Lomba Inovasi Daerah 2020

apahabar.com, BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu, Ready Kambo, mengikuti video conference (vicon) pengumuman pemenang Lomba…

Featured-Image
Wabup Ready Kambo saat menyaksikan pengumuman pemenang Lomba Inovasi Daerah Tahun 2020. Foto-Istimewa.

bakabar.com, BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu, Ready Kambo, mengikuti video conference (vicon) pengumuman pemenang Lomba Inovasi Daerah Tahun 2020.

Wabup menyaksikan pengumuman pemenang lomba inovasi daerah tahun 2020 langsung dari ruang kerjanya di Gunung Tinggi, Batulicin, Senin (22/6).

Pengumuman pemenang disampaikan langsung dari Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI yang dihadiri Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri.

Tema lomba inovasi daerah tahun 2020 yaitu “Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19”.

Wabup Ready Kambo mengatakan Kabupaten Tanah Bumbu juga turut serta mengikuti lomba inovasi daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 yang digelar oleh Kemendagri.

Salah satu tujuan dari digelarnya lomba itu adalah untuk mendapatkan video terbaik yang nantinya menjadi contoh penerapan tatanan new normal.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian mengatakan dalam menyiapkan tatanan normal baru, Kemendagri bersama dengan Kementerian lainnya berinisiatif mengadakan lomba inovasi daerah tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19.

Sektor yang dilombakan adalah pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi umum, dan PTSP. Yang dibagi menjadi 4 kluster yaitu provinsi, kabupaten, kota, dan kabupaten tertinggal.

Tito menjelaskan semua pemerintah daerah diminta membuat video dengan durasi maksimal 2 menit yang menggambarkan protokol kesehatan dan simulasi di sektor yang dipertandingkan.

Pada lomba itu, Selain piagam, pemenang lomba juga mendapatkan Dana Instentif Daerah (DID) sebesar Rp3 miliar untuk juara pertama, Rp2 miliar juara ke-II, dan Rp1 miliar untuk juara ke-III.

Video pemenang lomba nantinya akan disosialisasikan ke publik melalui media massa dan media sosial, sehingga menjadi model percontohan bagi pemerintah daerah lain serta dapat menjadikan kesadaran masyarakat untuk berinovasi dan beradaptasi dengan tatanan baru produktif dan aman Covid-19.

Pada lomba ini, ada sebanyak 2.517 video dari semua pemerintah daerah yang ikut berpartisipasi.

Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin menghargai inisiatif Kemendagri bersama Kementerian lainnya dalam upaya memperkuat kesiapan daerah memasuki tananan normal baru.

Apresiasi juga disampaikan Wapres atas apa yang dilakukan Kementerian untuk memberikan penghargaan dan insentif kepada daerah di tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan daerah tertinggal.

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner