Musim Haji 2023

Ratusan Ribu Jemaah Indonesia Tiba di Tanah Suci, 40 Orang Wafat

Kementerian Agama mencatat sekitar 118.541 jemaah haji Indonesia telah diberangkatkan dan tiba di Makkah untuk menunaikan ibadah haji 2023.

Featured-Image
Ilustrasi. Suasana jamaah haji sedang melaksanakan thawaf. Foto: NU Online/Mukafi Niam.

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Agama mencatat sekitar 118.541 jemaah haji Indonesia telah diberangkatkan dan tiba di Makkah untuk menunaikan ibadah haji 2023.

Mereka diberangkat melalui 308 kelompok terbang (kloter) yang secara diberangkatkan ke tanah suci. 

"Untuk hari ini, sebanyak 6.270 jemaah haji dan petugas terbagi dalam 16 kelompok terbang diberangkatkan dari Mekkah ke Madinah," ujar Kepala Biro Perencanaan Kemenag Ramadhan Harismad, Minggu (11/6).

Baca Juga: Berita Duka, Calon Haji 75 Tahun Asal Sumenep Meninggal di Mekkah

Selanjutnya, sebanyak 6.174 jemaah dan petugas yang masuk asrama haji hari ini, akan diberangkatkan ke tanah suci.

Rinciannya, embarkasi Medan 360 orang dalam satu kloter, embarkasi Batam 374 orang dalam satu kloter. Kemudian dari embarkasi Padang 393 orang dalam satu kloter, embarkasi Palembang 360 orang satu kloter.

Selanjutnya Embarkasi Jakarta Pondok Gede 1534 orang terbagi dalam 4 kloter, embarkasi Jakarta Bekasi 880 orang terbagi dalam dua kloter, embarkasi Solo 1080 orang dalam 3 kloter.

Baca Juga: Mbah Ikem, Calon Jemaah Haji Tertua Asal Solo

Kemudian embarkasi Surabaya 450 orang dalam satu kloter, embarkasi Banjarmasin 330 orang dalam satu kloter,  embarkasi Lombok 393 orang dalam satu kloter.

"Terakhir embarkasi Kertajati 374 orang dalam satu kloter dan  embarkasi Makassar 393 orang atau satu kloter," ujar Harisman.

Terdapat tiga jemaah haji yang meninggal dunia atas nama Acu Sanan Inun asal Kloter Jakarta-Bekasi (JKS) 40, Bunidi Sahumi Samid asal Kloter Surabaya (SUB) 08, dan Asnawi Said Mihi asal Kloter Surabaya (SUB) 43.

"Secara keseluruhan, jemaah haji yang wafat di Arab Saudi kini berjumlah 40 orang," ujarnya.

Baca Juga: Ribuan Jemaah Haji asal Indonesia Padati Mekkah

Harisman mengingatkan suhu di Madinah saat ini berkisar 30 sampai 44 derajat Celcius dan di Makkah 30-43 derajat Celcius. Khusus jemaah lanjut usia diimbau untuk menjaga kesehatan dan meminimalisir aktivitas yang menguras tenaga.

"Bagi jemaah yang tergolong kategori resiko tinggi dan usia lanjut sebisa mungkin menjalankan ibadah dengan memperhatikan kondisi kesehatan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner