Politik

Rampungkan Pertanyaan Debat Capres, Panelis Akan Bertemu Moderator

apahabar, JAKARTA – Panelis debat capres pertama merampungkan penyusunan pertanyaan. Materi pertanyaan terkait isu yang akan…

Featured-Image
Ilustrasi tampilan surat suara Pilpres 2019. Foto-Detiknews

apahabar, JAKARTA – Panelis debat capres pertama merampungkan penyusunan pertanyaan. Materi pertanyaan terkait isu yang akan didebatkan dalam debat pertama.

“Jadi rapatnya udah selesai, saya nggak ngitung totalnya tapi banyak. Yang penting ada empat isu itu HAM, hukum, terorisme dan korupsi, masing-masing ada pertanyaan-pertanyaan beberapa,” ujar pengajar hukum tata negara dan hukum administrasi negara yang jadi panelis, Bivitri Susanti di Hotel Mandarin Oriental, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1).

Baca Juga: Capres Disodorkan Daftar Pertanyaan Sepekan Sebelum Debat

Bivitri mengatakan panelis hanya menyusun pertanyaan untuk debat capres. Daftar pertanyaan itu disepakati hanya dapat dilihat oleh pasangan calon.

“Kami sendiri peran kami adalah betul-betul hanya menyusun pertanyaan-pertanyaan ini. Kami sudah menyepakati pertanyaan ini sifatnya rahasia yang lihat paslon saja,” kata Bivitri.

Setelah merampungkan pertanyaan, panelis akan bertemu dengan moderator debat. Akan dibahas teknis debat bersama moderator.

“Setelah itu nanti akan ada kegiatan lanjutan yang sifatnya teknis, misalnya ketemu dengan moderator, untuk memberitahu konteks pertanyaan. Setelah itu KPU lah yang melaksanakannya secara teknis dan memberikan kepada paslon,” tuturnya.

Daftar pertanyaan ini ditargetkan diserahkan kepada paslon pada tanggal 10 Januari 2019. Selain Bivitri, pertanyaan debat ini juga disusun oleh lima orang lainnya.

Di antaranya Ketua KPK Agus Rahardjo, eks Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, guru besar hukum internasional UI Hikmahanto Juwana, serta ahli hukum tata negara Margarito Kamis.

Baca Juga: KPU: Panelis Debat Pertama Capres Dikurangi Dua Orang

Sumber: Detiknews
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner