Opini

Raim Laode, Komang, dan Suara-Suara Lirih dari Timur Indonesia

Seorang kawan berbisik, “Kau tahu siapa yang nyanyi? Itu La Raim. Dia yang tulis dan nyanyikan lagu Komang.” Saya tersentak. “Raim Laode?

Featured-Image
Raim Laode

Di satu kafe di kawasan Sudirman, Jakarta, saya mendengar lagu itu mengalun. Samar-samar terdengar kalimat: “Dan apabila tak bersamamu, Ku pastikan kujalani dunia tak seindah kemarin.”

Seorang kawan berbisik, “Kau tahu siapa yang nyanyi? Itu La Raim. Dia yang tulis dan nyanyikan lagu Komang.” Saya tersentak. “Raim Laode? Yang dulu pernah kita undang tampil standup?” Iya. Kawan itu mengiyakan.

Luar biasa. Anak muda yang tadinya hanya wara-wiri di Sulawesi Tenggara, kini telah menjadi pemusik ibukota. Anak muda yang tadinya hanya pandai melucu di acara standup comedy, kini telah melebarkan sayap ke dunia tarik suara.

Baca Juga: Viral Lagu Komang, Ini Profil sang Penyanyi: Raim Laode

Lebih dua bulan ini, saya mendengar lagu di berbagai kafe ibukota. Rupanya penyanyinya adalah Raim Laode, anak muda asal Wakatobi. Dia lebih dulu populer sebagai komika.

Dulu, saya dan kawan-kawan mengundangnya tampil membawakan standup di satu kegiatan di Baubau. Dia belum seterkenal sekarang. Dia malah cium tangan pada saya. Kini, banyak cewek siap antri hanya untuk selfie dengannya.

Dia sudah jauh di atas angin. Lagu-lagunya sudah viral dan diunduh jutaan orang Indonesia. Lagunya merajai tangga lagu di Spotify, disulih-ulang dalam berbagai versi, bahkan dinyanyikan di panggung Indonesian Idol.

Dia laris diundang sebagai bintang tamu di berbagai penyedia podcast. Mulai dari Anji Drive hingga Menteri Sandiaga Uno mengundang Raim demi berbagai inspirasi. Dia pun rutin mendapat undangan menyanyi di berbagai kota.

Yang menarik, Raim bukanlah produk dari sekolah-sekolah musik yang menjamur di berbagai kota. Bukan pula bakat yang mencuat dari satu ajang kompetisi. Dia juga tidak sedang dalam asuhan atau mentoring musisi ternama. Malah belum pernah bergabung dengan label perusahaan rekaman.

HALAMAN
1234
Editor


Komentar
Banner
Banner