Madu

Punya Masalah Kulit? Selesaikan dengan Madu

Selain digunakan sebagai bahan makanan dengan cita rasa yang manis, ternyata madu punya segudang manfaat untuk kulit wajah.

Featured-Image
Manfaat Raw Honey (Madu Mentah) Untuk Wajah. Foto: dok. freepik

bakabar.com, JAKARTA - Selain digunakan sebagai bahan makanan dengan cita rasa yang manis, ternyata madu punya segudang manfaat untuk kulit wajah.

Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh lebah, yang mengumpulkan sari nektar dari bunga. Melalui proses yang unik ini, madu memiliki nilai plus sebagai bahan kosmetik dan skincare. Madu ternyata bisa menyembuhkan jerawat, meredakan bruntusan, bahkan mencerahkan kulit.

Madu yang disarankan untuk bahan skincare adalah madu asli tanpa campuran gula atau bahan apapun, madu mentah ini memiliki potensi baik untuk kulit.

Dilansir healthline, madu memiliki beberapa manfaat untuk kulit, diantaranya adalah:

1. Meredakan Psoriasis dan Eksim

Psoriasis adalah kondisi kulit yang meradang, menyebabkan kulit terasa gatal, dan menyebabkan bersisik, menebal dan mudah terkelupas.

Baca Juga: Serunya Wisata Edukasi Budidaya Lebah Madu Ashfa Borobudur

Menurut penelitian, pada madu manuka ditemukan beberapa manfaat sebagai bahan anti jerawat yang efektif, serta menyembuhkan luka dengan cepat.

Dalam madu terdapat bakteri akif yang baik untuk tubuh. Madu ini mengaktifkan kekebalan tubuh, yang dapat membantu peradangan, kemerahan serta luka.

2. Meredakan Jerawat

Madu dapat membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit berjerawat. Selain itu, madu dapat membantu penyembuhan pada sel kulit, mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan. Bahkan dapat merawat kulit eksim atau psoriasis.

Adapun cara tradisional dalam penggunaan madu ini dengan menggabungkan beberapa bahan alami lain, seperti cinnamon (kayu manis) yang memiliki kadar antioksidan di dalamnya.

Campur bahan tersebut dengan air hangat. Oleskan pada kulit yang sudah dibersihkan, diamkan selama 8 hingga 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Sebagai catatan, cara ini digunakan jika kondisi kulit tidak memiliki alergi terhadap kayu manis.

3. Mencerahkan Wajah

Walaupun belum terdapat riset yang kuat mengenai hal ini, namun madu dapat digunakan sebagai eksfoliasi, yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan kusam, dan membuat kulit lebih cerah.

Cara penggunaannya, setelah mencuci muka, oleskan madu yang tidak tercampur bahan apapun ke wajah, diamkan selama beberapa menit dan kemudian dibilas.

Baca Juga: Konsumsi Kolagen Sejak Usia Muda untuk Kulit Kenyal dan Elastis

4. Memudarkan Bekas Luka

Madu dapat membantu proses penyembuhan pada tubuh, salah satunya adalah penyembuhan bekas luka dan jerawat.

Adapun cara penggunaannya dengan mengoleskan madu setiap satu atau dua hari pada titik di lokasi bekas luka di tubuh.

Walau memiliki banyak manfaat, namun madu memiliki beberapa cara pengolahan yang harus diperhatikan higienisnya. Pastikan bahwa kulit tidak memiliki alergi terhadap madu.

Editor


Komentar
Banner
Banner