Hot Borneo

Puluhan Hektar Lahan di Kotawaringin Barat Terbakar

Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah terus berkobar sejak Kamis (8/7) yang menghanguskan semak belukar dan lahan

Featured-Image
Suasana di lokasi kebakaran lahan di Kotawaringin Barat. Foto: BPBD Kotawaringin Barat

bakabar.com, PANGKALAN BUN - Kebakaran hutan dan lahan di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, terus berkobar sejak Kamis (8/7). Belasan hektar lahan yang ditumbuhi semak belukar dan sawit pun terbakar.

Dalam catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat, lokasi kebakaran terparah berada di Tatas Kelurahan Baru dan Desa Sungai Bakau Kecamatan Kumai.

Hembusan angin dan semak belukar yang mengering, membuat api semakin cepat meluas

Dalam penanganan api, BPBD Kotawaringin Barat dibantu oleh sejumlah personel TNI-Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Balakar Huma Singgah Mendawai.

"Terdapat 12 titik api yang tersebar di lokasi berdekatan. Sekarang tim lapangan masih berupaya memadamkan api," papar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar, Martogi Siallagan, Sabtu (10/6).

Pemkab Kotawaringin Barat sendiri telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Tercatat sejak awal Juni 2023, empat kasus kebakaran terjadi di Kecamatan Arut Selatan, serta dua di Kecamatan Kumai dengan jumlah total luasan lahan mencapai 21 hektar.

Editor


Komentar
Banner
Banner