Hot Borneo

Puluhan Calon Jemaah Haji Lansia Kapuas Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Sebanyak 41 orang calon jemaah haji lansia Kabupaten Kapuas, Kalteng menjalani pemeriksaan kesehatan pada, Selasa (28/2).

Featured-Image
FOTO : Calon jemaah haji lansia Kabupaten Kapuas menjalani pemeriksaan kesehatan. Foto-Dinkes Kapuas

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Sebanyak 41 orang calon jemaah haji lansia Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) menjalani pemeriksaan kesehatan pada Selasa (28/2).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan mengatakan, pemeriksaan calon jemaah haji lansia dilakukan bekerja sama dengan RSUD dr H Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas.

"Sampai saat ini total calon jemaah haji lansia (65 tahun ke atas) yang sudah mengikuti pemeriksaan kesehatan berjumlah 41 orang, dengan usia tertua 84 tahun," katanya ditemui, Rabu (1/3).

Selain pemeriksaan kesehatan lengkap yang meliputi EKG, rontgen, laboratorium dan demensia, calon jemaah haji lansia juga dilakukan pengukuran kebugaran.

"Pengukuran kebugaran selain dengan metode rockport (lari kecil atau jalan cepat sejauh 1,6 KM) juga ada yang menggunakan metode six minute walking test (tes berjalan selama 6 menit)," ujar dr Tonun.

Dijelaskannya, pemeriksaan kesehatan dan latihan kebugaran bagi jemaah lansia sangat penting dilaksanakan untuk menyiapkan jemaah sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji.

Apalagi dengan kondisi usia lanjut perlu diketahui kondisi kesehatan dan kebugaran sejak awal sehingga bisa diantisipasi dan dipersiapkan sejak dari tanah air agar saat di tanah suci tetap sehat, bugar dan mandiri.

“Untuk jemaah lansia yang perlu perhatian khusus tapi berangkat sendirian, diharapkan agar keluarga bisa mempersiapkan pendamping dari jemaah lain yang juga berangkat, sehingga bisa terbantu,” tutur dr Tonun.

Sementara itu jumlah calon jemaah haji Kabupaten Kapuas, Kalteng tahun 2023 tercatat sebanyak 381 orang.

Editor


Komentar
Banner
Banner