Kota Gaib Kalimantan

Pulau Gaib Saingan Saranjana, Sekilas Mirip Segitiga Bermuda

Pulau Kadap, yang lokasinya ditengarai membentuk segitiga, menjadi salah satu misteri yang tidak luput dari segudang kisah berbau klenik.

Featured-Image
Pulau Kadap yang terletak di titik tengah tiga kabupaten, Tapin, Marabahan (Barito Kuala) dan Martapura (Kabupaten Banjar). Foto: Dok. JejakRekam.

bakabar.com, JAKARTA - Segitiga. Bagun datar sederhana, berjuta makna. Perihal klenik, misalnya, bentuk ini sering diasosiasikan dengan misteri Devil’s Triangle yang ‘melenyapkan’ kapal juga pesawat kala melintas di atasnya.

Segitiga Bermuda, begitu nama lainnya, merupakan area imajiner yang menghubungkan tiga wilayah: Bermuda, Florida, dan Puerto Rico. Semula, tak ada yang aneh dengan kawasan ini, sampai akhirnya The Bermuda Triangle meledak di pasaran.

Karya fiksi karangan Charles Berlitz itu pertama kali ‘mengungkap’ misteri kecelakaan kapal dan pesawat di kawasan Segitiga Bermuda. Menurut sang pecinta paranormal, hal tersebut berkaitan dengan Kota Atlantis yang hilang.

The Bermuda Triangle merawikan sedemikian rupa bagaimana Atlantis bertanggung jawab atas bangkai kapal dan pesawat yang tak kunjung ditemukan. Sejak itu pula, Segitiga Bermuda tidak lekang dari asumsi seputar hal-hal di luar nalar.

Keyakinan serupa juga mengakar dalam budaya orang Indonesia. Pulau Kadap, yang lokasinya ditengarai membentuk segitiga, menjadi salah satu misteri yang tidak luput dari segudang kisah berbau klenik.

Misalnya saja, perihal orang yang tak bisa kembali ke dunia nyata usai menjajaki Pulau Kadap. Konon, mereka tak mampu mengingat jalan pulang karena kondisi di sana begitu gelap; penuh pepohonan lebat lagi besar.

Versi lain menuturkan, mereka enggan pulang ke dunia nyata lantaran kadung terlena dengan kenikmatan di Pulau Kadap. Betapa tidak, penduduk di alam gaib itu diyakini teramat rupawan, sampai-sampai membuat siapa saja yang memandangnya tak bergeming.

Makna Segitiga dan Kisah Mistis...

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner