Kisah Kota Gaib

Kisah Padang 12, Kota Gaib di Kalimantan Barat yang Mirip Saranjana

Indonesia memiliki banyak cerita misteri, salah satunya keberadaan kota gaib seperti Padang 12, yang mirip Saranjana. Kota itu terletak di Kalimantan Barat.

Featured-Image
Ilustrasi Padang 12 yang menjadi kota gaib di Kalimantan barat seperti Saranjana. Foto: net

bakabar.com, JAKARTA - Indonesia memiliki banyak cerita misteri dan bikin penasaran. Salah satunya keberadaan kota gaib seperti Padang 12, yang terletak di Ketapang, Kalimantan Barat.

Jika Kalimantan Selatan memiliki Saranjana sebagai kota gaib yang penuh misteri, Kalimantan Barat memiliki Padang 12, yang tak kalah populer dan kental dengan unsur magis.

Nyatanya legenda musisi dangdut Indonesia, Rhoma Irama, diketahui pernah menggelar panggung konser di kota gaib tersebut pada 2015 silam.

Menurut penuturannya, ia menyebut bahwa kota tersebut sudah banyak berubah, dan gedung-gedung mewah yang telah menghilang.

Baca Juga: Menyusuri Kota Gaib di Dunia yang Mirip Saranjana

Hal tersebut ditepis penggemar Rhoma Irama, mereka menyebut sang legenda baru pertama kali manggung di kota itu, dan menganggap pemimpin dari Soneta Band tersebut manggung di kota gaib Padang 12.

Keberadaan Kota Gaib Padang 12

Lokasi Padang 12 di Kalimantan Barat. Foto: Liputan 6
Lokasi Padang 12 di Kalimantan Barat. Foto: Liputan 6

Padang 12, sebuah kota mewah yang gaib berada di Kabupaten Ketapang, lebih tepatnya antara Kecamatan Kendawangan dan Pesaguan.

Diketahui kota gaib ini sudah ada sejak zaman nenek moyang, sehingga berkembang menjadi legenda masyarakat sekitar.

Konon, kota ini hanya dapat dilihat oleh mereka yang memiliki mata batin semata, atau orang-orang terpilih saja. Sehingga tidak sembarang orang mampu melihat kemajuan kota ini.

Baca Juga: Keindahan 3 Pulau di Kotabaru yang Dekat Saranjana

Nyatanya wilayah dari kota Padang 12 hanyalah area tanah kosong seluas 12 kilometer, dengan pasir putih, beberapa pohon pinus serta dihiasi banyak ilalang tinggi semata.

Penduduk Padang 12 dinamakan dengan orang 'Limun' atau orang 'Kebenaran', yang konon dipercaya sebagai manusia suci, jujur dan taat beribadah.

Sama seperti penduduk Saranjana dan Wentira, penduduk Padang 12 memiliki ciri yang sama, tidak memiliki filtrum, yaitu lekukan di bawah hidung dan di atas bibir, biasa terlihat pada manusia umumnya.

Filtrum Bibir. Foto: Freepik
Filtrum Bibir. Foto: Freepik

Tak sedikit beranggapan penduduk wilayah tersebut adalah sekelompok jin muslim, mereka telah tinggal dan menempati wilayah tersebut sejak ratusan tahun lalu.

Orang-orang setempat percaya bahwa penduduk Padang 12 memiliki peradaban yang lebih maju dan bergemilang harta.

Baca Juga: Gadis Kretek Tayang di Netflix, Kisah Cinta Klasik dalam Balutan Budaya Lokal

Dikisahkan penduduk di sana memiliki hunian dengan atap berlapis emas, memiliki kendaraan mewah, kapal pesiar hingga pesawat pribadi.

Kota gaib ini juga diketahui tampak lebih bersih dan indah, dibandingkan dengan negara maju di negara manapun.

Mitos lain berpendapat, jika seseorang melewati Padang 12 dengan sikap sombong dan niat jahat, maka bersiaplah akan mendapatkan kesialan atau sesuatu yang buruk akan menghampiri orang tersebut.

Meski tak banyak bukti ilmiah mengenai Padang 12, tapi penduduk sekitar percaya dengan keberadaan kota gaib tersebut.

Editor
Komentar
Banner
Banner