News

Puasa Lebih Dulu, Warga Wakal Maluku Tengah Sudah Rayakan Idulfitri

apahabar.com, AMBON – Muslim di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah, sudah merayakan Idulfitri 1443 Hijriah,…

Featured-Image
Sejumlah warga Negeri Wakal mendatangi Masjid Raya Nurul Awal untuk melaksanakan salat Idulfitri, Sabtu (30/4). Foto: Antara

bakabar.com, AMBON – Muslim di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah, sudah merayakan Idulfitri 1443 Hijriah, Sabtu (30/4).

Salat untuk merayakan hari kemenangan 1 Syawal itu dipusatkan di Masjid Raya Nurul Awal. Dimulai pukul 08:00, salat dipimpin Kasim Tahapary, serta khatib Ahmad Samal.

Meski ruangan masjid tidak mampu menampung seluruh jamaah, salat sunat itu berjalan aman dan lancar. Terlihat juga belasan anggota TNI/Polri berjaga di dekat masjid.

Warga yang tidak berkesempatan mendapatkan tempat di dalam masjid, terpaksa melaksanakan salat beralaskan tikar di jalan raya maupun di halaman.

Pelaksanaan salat Idulfitri di kawasan yang terletak di sebelah utara Pulau Ambon itu, terhitung dua hari lebih cepat dibandingkan ketetapan pemerintah.

“Kami berpuasa 1 Ramadan sejak 31 Maret 2022. Itu berarti kami sudah 30 hari penuh melaksanakan puasa,” papar Raja Wakal, Ahaja Suneth, seperti dilansir Antara.

Meski demikian, tak semua warga Wakal melaksanakan salat Idulfitri. Sebagian lain masih berpuasa mengikuti waktu yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Terdapat sejumlah warga yang belum ikut salat Idulfitri. Kemungkinan besar mereka nanti salat di masjid negeri-negeri tetangga,” jelas Ahaja Suneth.

Diketahui Wakal memiliki tradisi turun-temurun melaksanakan puasa Ramadan hingga Idulfitri lebih awal dibanding pemerintah.

Namun mereka memastikan penentuan 1 Ramadan maupun 1 Syawal bukan asal-asalan, karena telah jauh-jauh hari dihitung ulama Wakal.



Komentar
Banner
Banner