Sepak bola nasional

Prospek Jangka Panjang, PSSI Gencar Naturalisasi Pemain Muda

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sedang gencar-gencarnya melakukan Naturalisasi pemain muda. Terkini Justin Hubner resmi menjadi WNI.

Featured-Image
Pose Justin Hubner. Foto: Instagram/justinhubner5.

bakabar.com, JAKARTA –PSSI sedang gencar-gencarnya melakukan Naturalisasi pemain muda.

Terkini Justin Hubner resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai melakukan sumpah kewarganegaraan pada Rabu (6/12) kemarin.

Hubner menjadi salah satu penggawa timnas Indonesia yang segera menjalani debut di Premier League atau Liga Inggris. Pasalnya ia saat ini bermain untuk Wolverhampton Wanderes U-21.

Meski masih berada di klub dengan level usia, bek berusia 20 tahun itu memiliki kesempatan besar bermain dengan tim senior. Asalkan berhasil menunjukan penampilan terbaiknya di hadapan pelatih Wolves, Gary O'Neil.

Baca Juga: Sah, Justin Hubner Sudah Bisa Bela Timnas Indonesia

Sejatinya, Hubner memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Jakarta dan Kakeknya Ferdinand Rudolf Hubner asal Makassar.

Usai Hubner, PSSI disibukan menaturalisasi dua pemain muda lain yaitu Nathan Tjoe-A-On (21) dan Jay Idzes (23). Hal tersebut dilakukan agar bisa menambah kekuatan tim besutan Shin Tae Yong di Piala Asia 2024.

Nathan sendiri merupakan pemain yang memiliki keturunan dari Kakek atau ayah dari Ibundanya. Setelah dicari tahu ternyata Kakeknya berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Pemain kelahiran Rotterdam itu saat ini membela Swansea City yang saat ini berada di kasta kedua liga Inggris.

Baca Juga: Erick Thohir Bisa Percepat Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan

Sementara itu, Jay Idzes memiliki darah keturunan Indonesia dari Neneknya. Saat ini pemain dengan tinggi 191 cm tersebut memperkuat klub Serie B Italia yakni Venezia.

Kedatangan Jay Idzes akan memperkuat lini belakang Skuat Merah-Putih. Sebab Shin Tae Yong memiliki beberapa opsi pemain naturalisasi di posisi bek, seperti Elkan Baggot dan Jordi Amat.

Sebelumnya PSSI juga telah menaturalisasi pemain muda keturunan seperti Rafael Struick (20), dan Ivar Jenner (19).

Kehadiran mereka diharapkan bisa perubahan gaya permainan Garuda ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Ketum PSSI Sambut Kedatangan Pemain Keturunan, Sinyal Naturalisasi?

Rafael Struick resmi menjadi WNI sejak 22 Mei 2023 dan telah memainkan dua pertandingan bersama timnas Indonesia dengan menorehkan satu assist.

Performa Rafael terbilang cukup baik, sebab ketika ia masuk sebagai pemain pengganti, skema permainan Garuda terlihat lebih hidup.  

Pemain kelahiran Belanda itu sedang memperkuat klub kasta kedua Eredivisie, Ado Den Haag. Ia telah memainkan 47 pertandingan dengan mencetak 10 gol dan 6 assist dari semua kompetisi sejak 2021.

Disisi lain, Ivar Jenner yang melakukan sumpah WNI bersama Rafael Struick sudah bermain sebanyak enam kali dan mencetak satu gol untuk Indonesia.

Baca Juga: Ambisi Justin Hubner Bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2024

Pemuda 19 tahun itu sedang menjadi bagian FC Utrecht U-21, bahkan ia telah memainkan 44 pertandingan dan mencetak 2 gol di semua kompetisi.

Sementara itu, Sandy Walsh di naturalisasi dari bulan November 2022, tetapi sayangnya usai resmi menjadi WNI.

Ia tidak bisa langsung masuk ke dalam daftar pemain timnas Indonesia akibat cedera yang dialaminya.

Pesepakbola kelahiran Belgia itu tercatat sudah memperkuat tim Merah-Putih sebanyak tujuh kali dengan memberikan satu assist di semua kompetisi. Saat ini, ia sedang membela KV Mechelen klub kasta tertinggi liga Belgia.

Baca Juga: Ketum PSSI Minta Klub Liga 1 dan Liga 2 Gunakan Satu Pemain Naturalisasi

Sandy telah mencetak 9 gol dan 14 assist dari 110 pertandingan yang dilakoninya sejak musim 2020 bersama Mechelen.  

Sejatinya, kehadiran pemain muda keturunan dilakukan agar timnas Indonesia memiliki prospek jangka panjang dan bisa membawa tim Garuda meraih prestasi membanggakan di masa mendatang.

Editor
Komentar
Banner
Banner