Copa del Rey

Profil Arda Guler, Wonderkid Real Madrid Tampil Apik di Copa del Rey

Kegemilangan Arda Guler menjalani debut bersama Real Madrid mendapatkan sorotan. 

Featured-Image
Wonderkid Real Madrid, Arda Guler. Foto: realmadrid.com

bakabar.com, JAKARTA - Kegemilangan Arda Guler menjalani debut bersama Real Madrid mendapatkan sorotan. 

Pemain berusia 18 tahun itu berperan penting saat Los Blancos meraih kemenangan 3-1 atas klub divisi empat Spanyol, Arandina pada babak 32 besar Copa del Rey di El Montecillo, Minggu (7/1) dini hari WIB.

Di laga itu, Arda Guler tampil selama 59 menit sebelum digantikan Federico Valverde. Namun, kehadirannya sangat membantu tim yang tak menurunkan banyak pemain bintang di pertandingan tersebut.

"Penting baginya untuk terbiasa bermain dengan tim. Ia secara bertahap akan membangun tingkat dan intensitas kebugarannya,” puji pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti.

Baca Juga: Barcelona Menang Dramatis, Xavi: Real Madrid dan Girona Juga!

Pada laga itu, Arda Guler menjadi pemain terbaik ketiga menurut Sofascore setelah Dani Ceballos (nilai 7,6) dan Brahim Diaz (nilai 7,6). Pemain timnas Turki itu mendapatkan nilai 7,4.

Selain itu, wonderkid Real Madrid ini mencatatkan 56 sentuhan, 90 persen akurasi passing, dua umpan kunci, satu shots on target, satu tendangan membentur tiang gawang, dan dua dribble success dari tiga percobaan.

Sebelumnya, Arda Guler telah masuk skuad El Real saat menang 1-0 menghadapi Mallorca dalam lanjutan Liga Spanyol pada Kamis (4/1) lalu.

Namun, pada laga itu, pemain kidal tersebut tersebut urung mendapatkan kesempatan bermain setelah comeback dari cedera panjang sejak kedatangannya di Santiago Bernabeu pada Juli 2023 lalu.

Baca Juga: Hasil La Liga: Real Madrid dan Girona Menang, Duel Puncak Makin Panas

Arda Guler didatangkan Real Madrid dari Fenerbahce dengan biaya transfer sebesar 20 juta euro (sekitar Rp 387 miliar).

Kehadirannya itu agar bisa meneruskan dua pemain senior Los Blancos, Luka Modric dan Toni Kroos yang kemungkinan akan hengkang di akhir musim ini

Selain itu, Arda Guler memiliki banyak pengalaman meski masih berusia 18 tahun. Ia mulai berkarier profesional saat usia 16 tahun pada Januari 2021. 

Pada Maret 2022, pemain kelahiran 25 Februari 2005 itu menjadi pencetak gol termuda Fenerbahçe dalam sejarah Liga Turki dengan usia 17 tahun tiga minggu. Ia juga membantu timnya menjuarai liga musim 2022/2023.

Baca Juga: Real Madrid vs Mallorca, Ancelotti Beri Sinyal Turunkan Vinicius Jr

Bahkan, Arda Guler mampu menembus timnas Turki senior langsung dari timnas Turki U-17.

Guler tercatat enam kali dipanggil Timnas Turki, dan empat di antaranya ia bermain. Yaitu menghadapi Republik Ceko, Kroasia, Latvia, dan Wales.

Sementara debutnya di timnas Turki senior ketika ia berusia 17 tahun 296 hari, pada 19 November 2022 melawan Republik Ceko. Guler turun pada menit ke-68, menggantikan Dogukan Sinik.

Sedangkan gol pertamanya untuk Turki tercipta saat melawan Wales di kualifikasi Euro 2024 pada 19 Juni lalu.

Editor


Komentar
Banner
Banner