pameran otomotif

Presiden Jokowi Resmi Membuka IIMS 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 sembari menyoroti alasan tingginya kemacetan di Indonesia.

Featured-Image
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator Perkonomian Airlangga Hartarto keliling booth di pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS). (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 sembari menyoroti alasan tingginya kemacetan di Indonesia.

Jokowi mengatakan bahwa industri otomotif Indonesia memiliki prospek yang sangat cerah, karena terus tumbuh secara signifikan tiap tahunnya.

"2022 tumbuh 18 persen. Penjualan 2022 mobil 1 juta 48 ribu mobil. Dan juga motor mengalami pertumbuhan 3,3 persen. Meningkat di angka 5,2 juta unit di 2022," kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis (16/2).

Jokowi Singgung Kemacetan

Kendati mengalami pertumbuhan, orang nomor satu di Indonesia tersebut menyoroti tingginya angka angka penjualan itu, juga menjadi sumber kemacetan di mana-mana.

"Jakarta macet, Surabaya macet, Bandung macet, Medan macet, karena memang penjualannya sampai angka segitu," tukasnya.

Baca Juga: IIMS 2023: Mobil Esemka Bakal Reuni dengan Presiden Jokowi

Tak lupa, presiden ketujuh itu mengajak para pelaku industri otomotif untuk berorientasi pada ekspor untuk mengatasi kemacetan tersebut.

"Saya mengajak industri otomotif lebih beorentasi ke ekspor. Tapi kita masih kalah dengan Thailand, saya ingin mendorong lagi supaya meningkatkan lagi ekspor," ungkapnya.

Kendaraan Listrik

Presiden juga menyinggung soal tren Electric Vehicle (EV) dalam mewujudkan kendaraan yang ramah lingkungan.

"Tren ke depan semua negara akan mendorong ke EV, mengajak industri otomotif untuk mulai melihat tren ini," tutur Jokowi.

"Sedikit demi sedikit menggeser ke arah tren itu. Karena pemerintah sekarang ini terus mendorong dari hulu ke hilir ekosistem besar EV kita miliki," pungkasnya.

Berkeliling Booth

Presiden Joko Widodo mengecek salah satu unit terbaru di Booth Morris Garage, Kamis (16/2). (Foto: bakabar.com/Aditama)
Presiden Joko Widodo mengecek salah satu unit terbaru di Booth Morris Garage, Kamis (16/2). (Foto: bakabar.com/Aditama)

Usai secara resmi membuka IIMS 2023, Jokowi melakukan kunjungan ke tiap booth yang ada di pameran IIMS mulai dari Mitsubishi, Hyundai, MG, Wuling hingga Esemka.

Sebanyak 45 merek kendaraan yang terdiri dari brand roda empat, roda dua hingga kendaraan listrik akan turut meramaikan IIMS tahun ini.

Baca Juga: Didesak Mundur, Kepala BRIN Seret Jokowi dan Jumpai Megawati

Mengusung tagline "Bringing Opportunity for Otomotive Society Together" IIMS 2023 akan kembali diadakan secara offline usai pandemi.

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimis ajang tersebut akan dihadiri lebih dari 400 ribu pengunjung sepanjang 11 hari pameran berlangsung.

"Kami ingin IIMS menjadi rumah bersama, selama 11 hari disinilah rumahnya," pungkas Project Manager IIMS 2023, Rudi MF.

Editor


Komentar
Banner
Banner