IIMS 2023

IIMS 2023: Mobil Esemka Bakal Reuni dengan Presiden Jokowi

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 kemungkinan akan menjadi tempat reuni Presiden Jokowi dan PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka.

Featured-Image
Jokowi dan Esemka ketemuan lagi di ajang IIMS 2023?.(Foto: dok.AJNN)

bakabar.com, JAKARTA - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 tinggal menghitung hari. Kali ini bakal menarik lantaran kemungkinan menjadi tempat reuni Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka.

Jokowi sendiri kerap sekali membuka perhelatan otomotif nasional. Bahkan saat sebelum pandemi melanda, mantan walikota Solo itu pernah membuka IIMS secara langsung di lokasi.

Dyandra Promosindo selaku penyelanggara IIMS mengaku telah mengundang orang nomor satu di Indonesia itu untuk membuka gelaran tersebut pada 16 Februari mendatang.

"Biasanya kami dapat kabar (dari Jokowi) H-1 (sebelum pameran)," ujar Rudi MF selaku Project Manager IIMS 2023 kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Jadi, lanjutnya, Rabu (15/2) akan menjadi tanggal yang menentukan apakah Jokowi akan bertemu kembali dengan Esemka pada IIMS 2023 nanti.

Baca Juga: Mengungkap Catatan Kontroversi Esemka sebelum Bangkit di IIMS 2023

Sejarah Jokowi dan Esemka

Kisah antara Jokowi dan Esemka sudah terjalin sebelum pria asal Surakarta tersebut menjabat sebagai Presiden.

Selain pernah mempromosikan mobil Esemka, Jokowi turut hadir pada saat peresmian pabrik dan pengenalan produk Esemka.

Diketahui semasa Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo pada tahun 2005 hingga 2012, ia menjadikan mobil SUV Rajawali besutan Esemka sebagai kendaraan dinasnya.

Saking cintanya Jokowi pada mobil tersebut, saat hendak mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2012, mobil ini sempat digunakan dalam perjalanan dari Solo ke Jakarta.

Baca Juga: Bima 1.3 L Sampai Borneo, Daftar Mobil Esemka dengan Harga Terjangkau

Kendati begitu, pamor Esemka sempat tenggelam ketika Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta pad tahun 2012 hingga 2014. 

Tak butuh waktu lama, popularitas Esemka kembali meroket saat Jokowi mengadakan kampanye Pilpres 2014.

Bahkan kesuksesan tersebut nampak pada pembangunan pabrik Esemka di Boyolali pada tahun 2017 dan melahirkan kendaraan pertama baru pada tahun 2019.

Baca Juga: Esemka Disebut Rebadge, Pengamat: Bikin Mobil Nasional Butuh Proses Belajar

Kendati begitu, meski sudah cukup lama meramaikan pasar roda empat Indonesia, hingga sekarang, Esemka belum kunjung mendaftarkan diri sebagai anggota Gaikindo.

Nah, apakah IIMS 2023 nanti akan menjadi ajang reuni Jokowi dan Esemka? Mari kita tunggu saja.

Editor
Komentar
Banner
Banner