Pregnancy Nose

Pregnancy Nose, Konsulkan ke Dokter jika Mengganggu

Selama masa kehamilan, sebagian ibu akan mengalami pregnancy nose. Jika dibiarkan bisa sangat mengganggu.

Featured-Image
Pregnancy nose merupakan kondisi pembengkakan hidung yang dialami Ibu hamil. Foto: krakenimages/shutterstock

bakabar.com, JAKARTA – Selama masa kehamilan, sebagian ibu akan mengalami pregnancy nose. Jika dibiarkan kondisinya bisa sangat menganggu.

Melansir dari Health of The Ohio State University, beberapa individu mengalami pregnancy nose atau pembengkakan hidung akibat perubahan hormon saat hamil. Hormon estrogen memperluas pembuluh darah, menyebabkan pembengkakan di berbagai bagian tubuh, termasuk hidung.

“Selama kehamilan, kadar hormon, estrogen, dan progesteron meningkat, menyebabkan pembuluh darah membesar dan jaringan menahan cairan," ujar dokter kandungan Stephanie Hack, MD, ob-gyn bersertifikat di Washington, DC, dikutip dari allure.

Ini bisa menyebabkan pembengkakan pada ujung hidung yang dikenal sebagai bulbositas. Individu hamil yang memiliki lebih banyak jaringan lunak di hidung mungkin mengalami pembengkakan lebih banyak karena memiliki lebih banyak ruang untuk aliran darah.

“Ini dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai ‘pregnancy rhinitis’, atau radang rongga hidung," imbuh dokter kulit bersertifikat Nava Greenfield, MD, Grup Dermatologi Schweiger di New York City.

Lapisan hidung memiliki perbedaan dengan kulit di area lain karena mengandung kelenjar yang menghasilkan lendir. Hidung juga memiliki struktur menonjol dari samping yang disebut konka inferior, yang terdiri dari tulang yang dilapisi jaringan lunak ereksi.

Struktur ini membantu memanaskan dan menghidrasi udara, serta merasakan aliran udara. Jaringan ini dapat membengkak karena lebih banyak darah mengisi selama masa kehamilan.

Ketika dipenuhi dengan darah, kelenjar lendir meningkatkan produksi lendir, yang mengakibatkan kemacetan dan gangguan aliran udara yang lebih parah.

Kasus pregnancy nose yang dialami Ibu hamil. Foto: Youtube/TheJonzFam
Kasus pregnancy nose yang dialami Ibu hamil. Foto: Youtube/TheJonzFam

Gejala
Rhinitis kehamilan lebih umum dan menjengkelkan dibandingkan hidung tersumbat selama kehamilan. Rhinitis adalah kondisi di mana aliran darah tambahan mengakibatkan penebalan lapisan hidung. Gejala rhinitis kehamilan dikutip dari Health OSU antara lain:

1. Hidung tersumbat.
2. Sering bersin.
3. Pilek.
4. Tetesan lendir ke belakang tenggorokan.

Rhinitis dapat terjadi pada setiap trimester kehamilan. Gejalanya dapat berlangsung antara dua hingga enam minggu, dan biasanya akan mereda beberapa minggu setelah melahirkan.

“Perlu juga dicatat bahwa kenaikan berat badan secara umum hampir selalu terjadi selama kehamilan, yang dapat melebarkan wajah dan berpotensi mengubah proporsi hidung,” kata Dr. Greenfield.

Kapan harus menemui dokter?
Umumnya, pembengkakan ringan pada hidung tidak perlu dirisaukan. Namun, Dr. Rosser menekankan bahwa dalam beberapa situasi, hal tersebut bisa menjadi efek samping dari masalah yang lebih serius, seperti preeklampsia, suatu kondisi gangguan tekanan darah tinggi yang dapat terjadi selama masa kehamilan.

"Jika Anda mengalami sakit kepala, perubahan penglihatan, mulas atau apa pun yang menyertai apa yang Anda lihat dengan pembengkakan hidung, itu bisa menjadi tanda tekanan darah Anda meningkat, dan sebaiknya periksakan ke dokter Anda," kata Dr. Rosser, MD, PhD, NCMP, ob-gyn dan direktur kesehatan wanita terpadu dan asisten profesor kesehatan wanita (dalam kebidanan dan ginekologi) di Columbia University Irving Medical Center di New York City.

Jika Anda mengalami gejala lain yang mengganggu terkait rinitis kehamilan, seperti kesulitan bernapas, itu alasan lain untuk segera menghubungi dokter kandungan Anda.

“Jika Anda menderita asma, banyak gejala wanita akan bertambah buruk selama kehamilan, jadi penting untuk menyadarinya,” ujar Dr. Rosser.

Sebagai aturan umum, jika ada sesuatu yang terasa tidak biasa selama kehamilan, hidung meradang atau lainnya segera ungkapkan kekhawatiran tersebut kepada dokter.

Editor


Komentar
Banner
Banner