Kualifikasi Euro 2024

Prancis Bantai Gibraltar 14-0, Les Bleus Ciptakan Rekor

Kylian Mbappé mencetak hattrick saat Prancis mengalahkan Gibraltar 14-0 di kualifikasi Euro 2024, Minggu (19/11) dini hari WIB.

Featured-Image
Penyerang Prancis, Kylian Mbappe usai mencetak hattrick melawan Gibraltar di Kualifikasi Euro 2024, Minggu (19/11) dini hari WIB. foto: x/Equipe de France

bakabar.com, JAKARTA -Kylian Mbappé mencetak hattrick saat Prancis mengalahkan Gibraltar 14-0 di kualifikasi Euro 2024, Minggu (19/11) dini hari WIB.

Kemenangan itu menjadi yang terbesar dalam sejarah di babak tersebut dengan memecahkan rekor kemenangan Jerman 13-0 melawan San Marino pada 2006 di kualifikasi Euro 2008.

Ini menjadi kemenangan terbesar Prancis di kualifikasi Euro. Sebelumnya, Les Bleus pernah menang 10-0 melawan Azerbaijan pada 1995.

Baca Juga: Italia Gasak Makedonia 5-2, Spalletti Puji Kecepatan Federico Chiesa

Di pertandingan itu, gol Prancis berhasil didapatkan dari bunuh diri Ethan Santos (3'), Marcus Thuram (4'), Warren Zaïre-Emery (16'), Kylian Mbappe (30'p, 72' 84'), Jonathan Clauss (34'), Kingsley Coman (36', 65'), Youssouf Fofana (37'), Adrien Rabiot (63'), Ousmane Dembele (73'), dan Olivier Giroud (89', 90+1').

Bagi Mbappe, ini merupakan kemenangan yang luar biasa. Apalagi, hattricknya membuatnya sudah mencatatkan total 46 gol bersama Prancis.

“Tim bermain luar biasa baik hari ini. Ini adalah kemenangan untuk kerja tim," kata Mbappe dilansir apnews.

Baca Juga: Inggris Menang 2-0 dari Malta, Southgate: Tapi Mainnya Jelek

Gelandang Warren Zaïre-Emery menjadi pencetak gol termuda Prancis pada debut internasionalnya. Ia mencetak gol pada menit ke-16 dengan usia 17 tahun 255 hari.

Namun setelah gol tersebut, pemain Paris Saint-Germain itu terpaksa keluar lapangan usai mengalami cedera karena perrgelangan kaki kanannya terinjak bek Ethan Santos yang akhirnya mendapatkan kartu merah.

Dengan keunggulan pemain, Prancis semakin leluasa mendominasi permainan. Satu-satunya catatan negatif bagi Les Bleus adalah cederanya Zaïre-Emery, pemain ajaib terbaru yang berhasil menembus tim nasional.

Baca Juga: Kualifikasi Euro 2024: Gli Azzuri Wajib Menang di Laga Krusial

Pelatih Prancis, Didier Deschamps mengatakan tes awal menunjukkan cederanya tidak terlalu serius.

“Kami khawatir karena pergelangan kakinya cepat meradang. Scan menunjukkan tidak ada patah tulang, tapi keseleo yang cukup besar. Saya yakin dia lebih suka mengingat penampilan pertamanya untuk golnya daripada hal-hal negatif," ucap Deschamps.

Yang pasti, runner-up Piala Dunia 2022 ini sudah lolos ke Euro 2024 sebagai juara grup B. Ini adalah kemenangan ketujuh berturut-turut, dengan menciptakan 27 gol dan hanya kebobolan satu kali.

Gibraltar yang berada di posisi terbawah selalu menelan kekalahan di 7 pertandingan dan sudah kebobolan 35 gol.

Editor


Komentar
Banner
Banner