Sport

Menang Dramatis Atas Belanda, Inggris Tantang Spanyol di Final Euro 2024

Lewat pertarungan dramatis, Inggris menjungkalkan Belanda di semifinal Euro 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7) dini hari. The Three Lions pun

Featured-Image
Duel Xavi Simons dan Bukayo Saka dalam pertandingan Belanda versus Inggris di semifinal Euro 2024, Kamis (11/7). Foto: AP Photo

bakabar.com, DORTMUND - Lewat pertarungan dramatis, Inggris menjungkalkan Belanda di semifinal Euro 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7) dini hari. The Three Lions pun menjadi penantang Spanyol di final.

Belanda sebenarnya unggul lebih dulu, ketika pertandingan baru menginjak menit 7. Gol dicetak Xavi Simons yang berawal dari kesalahan Declan Rice di area permainan sendiri.

Bola selanjutnya dikuasai Xavi Simons yang lantas melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Selanjutnya si kulit bundar bersarang ke pojok kanan gawang yang Jordan Pickford.

Ancaman kemudian dilakukan Inggris di menit 14. Bukayo Saka melakukan penetrasi ke kotak penalti yang diakhiri dengan tembakan, tetapi masih dapat diblok.

Kemudian bola liar di kotak penalti disambut tendangan first time Harry Kane. Namun arah bola masih melenceng ke atas mistar gawang.

Akan tetapi kejadian sebelum Kane menendang bola, telah diamati wasit VAR. Terlihat kaki kanan Kane beradu dengan kaki Denzel Dumfries yang mencoba melakukan blok.

Kejadian tersebut dianggap wasit Felix Zwayer sebagai pelanggaran dan Inggris pun dihadiahi penalti. Kane yang maju sebagai eksekutor, melakukan tugas dengan baik di menit 18.

Selanjutnya kedua negara menciptakan beberapa peluang lain di babak pertama. Sundulan Denzel Dumfries yang memanfaatkan sepak pojok, masih menghantam mistar gawang. Begitu juga peluang Inggris melalui tembakan Phil Foden.

Memasuki babak kedua, tempo permainan cenderung melambat. Pendekatan ini membuat kedua negara minim peluang berbahaya.

Belanda baru mendapatkan peluang lagi di menit 65, ketika sontekan Virgil van Dijk memanfaatkan umpan silang Joey Veerman masih bisa diamankan Pickford.

Inggris yang minim peluang, justru bisa mencetak gol di injury time babak kedua berkat aksi pemain-pemain pengganti.

Umpan Cole Palmer tidak disia-siakan Ollie Watkins dengan sepakan dari sudut sempit yang mengarah ke kanan gawang.

Inggris pun mengunci kemenangan dan dipastikan meladeni Spanyol di final, Senin (15/7) dini hari. Dengan demikian, Inggris menjadi negara keempat dalam sejarah Piala Eropa yang berhasil menembus final dalam dua kesempatan beruntun.

Adapun Spanyol sebelumnya menundukkan Prancis dengan skor dan cara serupa di semifinal yang berlangsung di Allianz Arena, Rabu (10/7).

Spanyol sejatinya sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Randal Kolo Muani. Namun La Furia Roja mampu bangkit dan berbalik menang lewat aksi Lamine Yamal dan Dani Olmo.

Editor


Komentar
Banner
Banner