Sport

Kembali Bikin Inggris Sakit Hati, Spanyol Resmi Kuasai Eropa

Melalui pertandingan dramatis, Spanyol berhasil menjadi juara Euro 2024 usai mengalahkan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7) dini hari.

Featured-Image
Melalui pertandingan dramatis, Spanyol berhasil menjadi juara Euro 2024 usai mengalahkan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7) dini hari. Foto: Okezone

bakabar.com, BERLIN - Melalui pertandingan dramatis, Spanyol berhasil menjadi juara Euro 2024 usai mengalahkan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7) dini hari.

Pertandingan berlangsung sedikit monoton di babak pertama. Spanyol mendominasi penguasaan bola, tapi Inggris menampilkan pertahanan yang solid.

Memasuki babak kedua, Spanyol melakukan pergantian pemain. Rodri yang mengalami cedera, ditarik keluar untuk digantikan Martin Zubimendi.

Setelah tak banyak peluang di babak pertama, Spanyol langsung menghentak di menit 47. Lewat umpan Dani Carvajal, Lamine Yamal memiliki ruang yang terbuka untuk berakselerasi.

Lamine Yamal berlari mendekati kotak penalti, lalu menyodorkan bola ke arah Nico Williams yang datang dari lini kedua.

Williams yang tidak mendapat kawalan ketat, bisa leluasa melepaskan tembakan mendatar ke gawang dan gagal diantisipasi Jordan Pickford.

Spanyol yang sudah unggul satu gol, terus mencoba menekan. Memasuki menit 70, Fabian Ruiz melepaskan tembakan jarak jauh yang masih sedikit melenceng.

Inggris lalu menurunkan Cole Palmer di menit 70 untuk menggantikan Kobbie Mainoo. Keputusan pelatih Gareth Southgate ini langsung membuahkan hasil manis.

Berawal dari serangan di kiri, Bukayo Saka mengirim bola kepada Jude Bellingham dan mengumpan lagi kepada Palmer di luar kotak penalti.

Palmer kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang membuat skor kembali berimbang hingga menit 73.

Spanyol sempat punya peluang emas untuk kembali unggul di menit 82 lewat Lamine Yamal, tetapi masih bisa dibendung Pickford.

Tekanan bergelombang La Furia Roja berakhir positif di menit 86. Mikel Oyarzabal yang juga masuk sebagai pemain pengganti, bisa menyambut umpan silang mendatar yang dilepaskan Marc Cucurella.

Inggris nyaris menyamakan kedudukan di menit 89 lewat set piece sepak pojok yang dilepaskan Cole Palmer. Awalnya sundulan Declan Rice bisa diblok Unai Simon.

Bola liar disundul Marc Guehi ke arah gawang, tetapi dapat diblok Dani Olmo yang berada di posisi tepat untuk menghalau si kulit bundar dengan kepala.

Spanyol pun terhindar dari kebobolan, dan berhasil menjadi juara Euro 2024. Hasil ini juga membuat Spanyol menjadi negara pertama yang merebut empat gelar juara Piala Eropa.

Mereka menjadi pemilik rekor gelar terbanyak, sekaligus meninggalkan Jerman yang baru mengemas tiga trofi.

Adapun Inggris menelan kekalahan kedua beruntun di final Piala Eropa. Sebelumnya di Euro 2020, The Three Lions gagal juara karena kalah adu penalti melawan Italia.

Editor


Komentar
Banner
Banner