Pemkab Banjar

Posyandu Pasayangan Selatan Laksanakan Pekan Imunisasi Nasional 2024

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dilaksanakan serentak seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Banjar.

Featured-Image
Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang dilaksanakan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Pasayangan Selatan, Kecamatan Martapura, Selasa (23/7). foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Banjar.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Posyandu Kecubung Desa Pasayangan Selatan, Kecamatan Martapura, Selasa (23/7) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Yasna Khairina menjelaskan, kegiatan merupakan gelombang pertama yang dilaksanakan selama seminggu di wilayah puskesmas di Kabupaten Banjar, dibantu pihak terkait yang menyukseskan PIN.

“Semoga target dapat terlaksana 100 persen, meski target nasional 95 persen. Kami berharap dukungan semua pihak bukan unsur kesehatan saja, termasuk seperti Dinas Pendidikan agar program dapat terlaksana di pesantren-pesantren," papar Yasna.

"Kemudian peran aparat desa juga sangat diperlukan, karena melalui posyandu bisa tercapai tujuan kegiatan PIN. Juga diharapkan peran serta masyarakat aktif datang sendiri ke posyandu,” imbuhnya.

Kepala Desa Pasayangan Selatan, H Muhammad Thoha, menuturkan PIN Polio 2024 juga bersamaan dengan kegiatan rutin posyandu.

"Kami berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Desa Pasayangan Selatan menjadi tuan rumah PIN Polio 2024 di Banjar," sahut Thoha.

Sementara Bupati H Saidi Mansyur menegaskan pencegahan penyakit polio dapat dilakukan dengan vaksin. Terlebih belum ditemukan obat dan cara lain yang dapat digunakan mencegah penyakit tersebut.

Saidi mengajak orang tua yang memiliki anak usia 0 sampai 7 tahun untuk bersama-sama memberikan 2 tetes imunisasi polio sebagai ikhtiar memberikan perlindungan.

“Sukses PIN Polio adalah tanggung jawab bersama semua pihak termasuk peran alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat," jelas Saidi.

Pencanangan PIN Polio 2024 ini juga diselingi temu wicara dengan beberapa camat melalui zoom meeting.

Juga berhadir Ketua MUI Banjar, H Muhammad Husein, sekaligus sebagai tokoh ulama dan masyarakat, unsur pemerintahan Desa Pasayangan Selatan, kader posyandu dan sejumlah undangan.

Editor


Komentar
Banner
Banner