Arus Mudik 2023

Polres Karawang Ingatkan Pemudik Tak Bawa Barang Melebihi Muatan Kendaraan

Kepolisian Resor (Polres) Karawang, Jawa Barat mengimbau masyarakat yang sedang mudik agar tidak membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas muatan kendaraan

Featured-Image
Foto ilustrasi kendaraan bermuatan lebih. (Foto: Ngopibareng.id)

bakabar.com, JAKARTA - Kepolisian Resor (Polres) Karawang, Jawa Barat mengimbau masyarakat yang sedang mudik agar tidak membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas muatan kendaraan yang ditumpangi.

Beban berlebih yang dibawa pemudik membuat beban kendaraan semakin bertambah. Hal itu yang dianggap akan membahayakan bagi pemudik.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengungkapkan sepanjang pengamatannya ia kerap menemukan pemudik khususnya roda yang membawa muatan melebihi batas dimensi.

Baca Juga: Korlantas Polri Sebut 9 Titik Jalan Tol Ini Rawan Kecelakaan

Tak jarang, jajarannya menangkap temuan penumpang yang membawa muatan melebihi batas dimensi kendaraan. Salah satu di antaranya satu motor yang digunakan sebanyak tiga sampai empat penumpang.

“Pemudik perlu menaati peraturan rambu lalu lintas, serta segera beristirahat jika sudah lelah dan mengantuk,” katanya seperti dilansir Antara, Minggu (16/4).

Ajakan berisitirahat kepada pemudik tersebut disampaikan karena Polres Karawang telah menyediakan 22 pos yang terdiri dari 20 pos pengamanan dan 2 pos untuk pelayanan.

Baca Juga: Kurangi Pengeluaran Mudik, Warga Asal Pemalang Nekat Kemudikan Bajaj ke Jateng

Adapun dalam pos yang disediakan menyediakan sejumlah fasilitas seperti pelaporan kehilangan, pemantauan arus lalu lintas, pos layanan kesehatan, sarana penunjang seperti free wifi, charger gawai gratis, hingga kursi pijat.

Selain itu, untuk meminimalisir tindakan kriminal sepanjang aktivitas mudik, pihaknya telah memasang 16 CCTV di sejumlah jalan arteri maupun kawasan yang dinilai rawan lalu lintas. Tak hanya itu, sebanyak 1.637 personel juga disiagakan.

“Kami betul-betul akan memberikan pelayanan terhadap problematika atau permasalahan setiap pemudik yang melintas di jalur Kabupaten Karawang. Kami siap memberikan pelayanan terbaik sebagaimana slogan tahun ini yaitu mudik yang aman dan berkesan,” ujar dia.

Editor


Komentar
Banner
Banner