Firli Peras Mentan

Polisi Panggil 8 Saksi Kasus Dugaan Pemerasan SYL: Kebanyakan Pegawai KPK

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya memeriksa delapan orang saksi kasus dugaan pemerasan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Featured-Image
Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak telah memanggil 8 Saksi Kasus Dugaan Pemerasan SYL. Foto apahabar.com/Citra Dara

bakabar.com, JAKARTA – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya memeriksa delapan orang saksi kasus dugaan pemerasan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh Ketua KPK Firli Bahuri pada Kamis (18/10).

“Diagendakan pemeriksaan terhadap delapan orang saksi sesuai surat panggilan yang telah dikirimkan penyidik kepada yang bersangkutan,” kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Kamis (18/10).

Adapun saksi yang dipanggil didominasi oleh para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau sebanyak enam orang. Satu saksi dari Pusdatin, Kemenkes RI dan satu saksi lainnya tidak disebutkan oleh Ade.

Baca Juga: Polda Metro Surati Dewas KPK, Minta Supervisi Kasus Pemerasan SYL

Sebelumnya, Ade mengungkapkan Dirreskrimsus Polda Metro Jaya telah memeriksa 45 orang saksi sejak tanggal 9 Oktober 2023.

Para saksi tersebut diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pemerasan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Sementara untuk pemeriksaan terhadap Firli Bahuri akan dilakukan besok Jumat (20/10) pukul 14.00 WIB di Gedung Promoter Polda Metro Jaya.

“Telah dilakukan pemeriksaan terhadap 45 orang saksi yang telah dimintai keterangannya di hadapan penyidik, di ruang pemeriksaan subdit tipikor Ditreskrimsus pmj di gedung promoter,” kata Ade, kemarin. 

Baca Juga: Eks Pimpinan KPK M Jasin Diperiksa Polisi terkait Pemerasan SYL

Kemarin, Dirreskrimsus telah memanggil 19 orang saksi untuk dimintai keterangan. Dari jumlah tersebut, 16 di antaranya telah hadir dan sisanya tidak hadir.

Salah satu saksi yang dipanggil adalah M Jasin yang merupakan eks Ketua KPK RI Periode 2007 hingga 2011. M Jasin menjalani pemeriksaan pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB.  

Editor
Komentar
Banner
Banner