Po San

PO SAN Tambah 10 Bus Baru dengan Sasis Mercy untuk Armada Lebaran 2023

Sambut hari ulang tahun ke-33, Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO SAN) merilis 10 unit bus terbarunya yang akan dioperasikan untuk armada mudik Lebaran.

Featured-Image
PO Siliwangi Antar Nusa (PO SAN) menambah 10 unit bus dengan sasis Mercedes-Benz OH 1526. Foto: dok. PO SAN

bakabar.com, JAKARTA - Sambut hari ulang tahun ke-33, Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO SAN) merilis 10 unit bus terbarunya yang akan dioperasikan untuk armada mudik Lebaran 2023.

Ke-10 unit bus dengan sasis Mercedes-Benz OH 1526 itu rencananya akan digunakan untuk melayani rute Dumai – Solo (lintas Timur Sumatra – full Tol Trans Jawa) di kelas AC bisnis sekaligus melanjutkan kehadiran 6 unit bus pada 2022.

Direktur Utama PO SAN, Kurnia Lesani Adnan bersyukur, di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan, PO SAN dapat terus mewujudkan komitmennya sebagai perusahaan otobus yang terus menjawab kebutuhan masyarakat akan angkutan darat yang aman dan nyaman.

"PO SAN menyadari betul bagaimana masukan dan kritik dari para penumpang setianya dapat mendorong perubahan yang positif. Sehingga, kami sangat menghargai segala bentuk masukan yang terstruktur kepada manajemen PT SAN Putra Sejahtera," kata pria yang akrab disapa Sani dalam keterangannya, Selasa (14/3).

Baca Juga: PO SAN Operasikan 4 Unit Bus AKAP untuk Trayek Pekanbaru - Blitar

Kali ini, PO SAN terus bekerjasama dengan perusahaan Karoseri Adi Putro asal Malang, Jawa Timur dan Karoseri Laksana asal Ungaran, Jawa Tengah. Kemudian perangkat pendingin dari SongZ, sistem telematika TransTrack.ID, bangku AMG (Malang), dan pihak pembiayaan Bank Syariah Indonesia.

Untuk sasis bus Mercedes Benz OH 1526 ini didukung PT Citrakarya Pranata (CKP) Bandung, yang merupakan perusahaan jasa di bidang penjualan dan purna jual kendaraan Mercedes Benz termasuk chassis dan truk.

Agustinus Hariyadi, Presiden Direktur PT CKP, diler resmi kendaraan komersial Mercedes-Benz, mengatakan sasis bus tipe ini memiliki daya tahan terbaik di kelas Mercedes-Benz dengan biaya perawatan yang ekonomis serta konsumsi bahan bakar solar lebih irit.

Mercedes Benz OH 1526 juga dilengkapi engine management system baru yakni pengaturan daya dan torsi yang sudah ditingkatkan. Daya maksimumnya adalah 194 kW (260 HP) pada 2.200 rpm. Torsinya besar yakni maksimumnya 950 Nm yang bisa dicapai pada 1.200-1.600 rpm.

Baca Juga: Mau ke GJAW 2023 Bisa Naik MRT dan Shuttle Bus, Lihat Lokasinya

MB OH 1526 bertipe ladder frame yang memang sudah dikenal kuat dan lentur. Untuk kaki-kakinya masih menggunakan per daun di keempat rodanya, hanya saja sudah disesuaikan dengan menambahkan stabilizer dan shock absorbser sehingga bus tetap stabil ketika harus menikung di jalan.

Agustinus Hariyadi menambahkan CKP memiliki keunggulan dalam hal penyediaan chassis karena pelayanan after sales-nya. CKP menjual unit bukan hanya pada saat customer membayar, akan tetapi hingga customer sudah mengoperasikan unit-unit yang dibeli.

Wakil Direktur PO SAN Kurnia Lesari Adnan (Sari) mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan layanan optimal bagi pengguna. Selain mendatangkan bus terbaru dengan teknologi terkini, juga menyediakan platform pemesanan tiket Buzzit yang memudahkan penumpang.

“Aplikasi ini memberikan efisiensi dalam penerapan penjualan tiket karena bekerjasama dengan berbagai Online Travel Agent (OTA) juga. Sejak 20 Februari 2023, SAN telah membuka penjualan tiket untuk angkutan Hari Raya Idul Fitri bagi penumpang yang akan mudik ke Sumatra dari Jawa dan sebaliknya," ujar Sari.

Editor
Komentar
Banner
Banner