Pemilu 2024

PKN Gelar Munaslub, Resmi Tunjuk Anas Urbaningrum Jadi Ketua Umum

PKN mengadakan konferensi pers menjelang Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang akan digelar pada Jumat sampai Minggu 14-16 Juli 2023.

Featured-Image
PKN akan menggelar Munaslub. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mengadakan konferensi pers menjelang Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang akan digelar pada Jumat sampai Minggu 14-16 Juli 2023.

Sekretaris Jendral PKN, Sri Mulyono menegaskan bahwa Munaslub tersebut akan memilih Ketua Umum baru untuk masa jabatan 2023-2028.

"Seluruh kader partai yang memiliki hak suara secara aklamasi akan memilih Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum terpilih menggantikan Gede Pasek Suardika. Kemudian Gede Pasek Suardika akan menduduki jabatan sebagai Ketua Majelis Agung PKN," ujar Mulyono pada wartawan di kantor Pimpinan Nasional PKN, Menteng, Kamis (13/7).

Baca Juga: Anas Urbaningrum Bebas, Demokrat Tepis Ada Skenario 'Besar'

Adapun Munaslub PKN yang akan digelar sebagai penguatan konsolidasi partai yang mana pendiri partai, Gede Pasek Suardika akan mengalihkan secara sukarela jabatannya kepada Anas Urbaningrum yang telah berstatus bebas murni.

"Upaya itu merupakan langkah panjang perjuangan dua sahabat Gede Pasek Suardika dan Anas Urbaningrum dalam melawan kriminalisasi dan upaya mematikan secara politik talenta Anas Urbaningrum selama ini oleh kekuasaan lama saat itu," katanya.

Lebih lanjut, Aspirasi itu juga menjadi aspirasi kolektif di internal PKN sebagai bagian dari strategi etape ketiga Pemilu 2024 yang dicanangkan PKN sebelumnya.

Tiga etape perjalanan PKN sejak didirikan terdiri dari etape pertama yaitu lolos mendapatkan SK dari Kementerian Hukum dan HAM. Etape kedua, lolos di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta Pemilu 2024 dan etape ketiga, lolos masuk parlemen nasional dan daerah.

"Anas Urbaningrum dan Gede Pasek Suardika nanti akan berbagi peran sebagai dwi tunggal pengelola partai, sekaligus sebagai bentuk politik persahabatan dan kebersamaan yang terkandung dalam slogan Mitreka Satata (Bersatu dalam persahabatan)," tukasnya.

Baca Juga: Tawaran Ketum PKN, Gede Pasek: Tunggu CBM Anas Urbaningrum

Konsep tersebut diyakini akan membuat anggota partai semakin solid di dalam melangkah dalam membesarkan partai sehingga ke depan akan semakin berkontribusi bagi kemajuan demokrasi di Indonesia.

"Mitreka Satata merupakan konsep perjuangan partai yang berbeda dengan parpol yang ada selama ini. Ini juga untuk mempercepat akselerasi perkembangan partai menuju puncak performa 14 Februari 2024 mendatang," lanjutnya.

Selain itu, Munaslub PKN juga mengedepankan persahabatan dan persaudaraan bukan perebutan kekuasaan serta diselenggarakan dengan sederhana namun penuh makna.

"Munaslub PKN sandarannya adalah gotong royong dan musyawarah mufakat yang merupakan ciri khas Nusantara," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner