Sport

Piala Afrika 2021: Drama 18 Penendang Penalti, Burkina Faso Tantang Tunisia di Perempat Final

apahabar.com, JAKARTA – Melewati drama adu penalti yang dilakukan 18 pemain, Burkina Faso menyingkirkan Gabon, Senin…

Featured-Image
Burkina Faso menjadi negara pertama yang melangkah ke perempat final Piala Afrika 2021. Foto: The Hiu

bakabar.com, JAKARTA – Melewati drama adu penalti yang dilakukan 18 pemain, Burkina Faso menyingkirkan Gabon, Senin (24/1), sekaligus lolos ke perempat final Piala Afrika 2021.

Gabon yang terpaksa memulangkan Pierre-Emerick Aubameyang dan Mario Lemina akibat terinfeksi Covid-19, cukup keteteran meladeni Burkina Faso di di Stadion Limbe.

Imbasnya Burkina Faso memperoleh hadiah penalti di menit 18, menyusul pelanggaran Sidney Obissa.

Akan tetapi, eksekusi Bertrand Traore gagal membuahkan gol. Meski sudah mengecoh kiper Jean-Noel Amonome, eksekusi mantan pemain Chelsea ini membentur mistar gawang.

Beruntung Bertrand Traore menebus kesalahan dengan gol di menit 28. Diawali serangan balik cepat, Traore menyelesaikan umpan terobosan Dango Ouattara.

Di awal babak kedua, Gabon langsung melakukan tiga pergantian pemain. Namun mereka harus kehilangan Sidney Obissa yang menerima kartu merah di menit 68.

Berada di atas angin, Burkina Faso malah membuat kesalahan injury time. Adama Guira mencetak gol bunuh diri dalam situasi sepak pojok.

Imbasnya pertandingan berlanjut hingga tambahan waktu, sebelumnya akhirnya pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti, Gabon dan Burkina Faso sempat saling membalas. Namun penendang keempat Gabon, Guelor Kanga, tak berhasil membuat skor yang disusul kegagalan eksekutor Burkina Faso berikutnya Saidou Simpore.

Situasi makin menegangkan, setelah Louis Ameka dan Mohamed Konate masing-masing sukses menjadi eksekutor sehingga skor menjadi 6-6.

Namun Yannis N’Gakoutou lantas gagal menceploskan bola untuk Gabon. Ironisnya Abdoul Tapsoba juga tak berhasil mengubah skor yang masih 6-6.

Lloyd Palun yang menjadi eksekutor Gabon selanjutnya, kembali gagal mencetak gol. Akhirnya Burkina Faso menyelesaikan adu penalti dengan skor 7-6 lewat Ismahila Ouedraogo.

Bermodal kemenangan ini, Burkina Faso lolos ke perempat final. Mereka akan menghadapi Tunisia yang sukses menyingkirkan Nigeria di Rounde Adjia Stadium.

Nigeria yang menjadi satu-satunya kontestan peraih hasil sempurna di fase grup, mengalami kesulitan menembus pertahanan Tunisia.

Mereka malah dihukum gol Tunisia di menit 47. Melakukan cut inside dari kiri, Youseff Msakni terlepas dari kawalan.

Selanjutnya Youseff Msakni menembak dengan kaki kanan. Bola sempat memantul ke tanah, sehingga gagal diblok kiper Maduka Okoye.

Nigeria lantas memasukkan Alex Iwobi untuk menggantikan Kelechi Iheanacho di menit 59. Namun 6 menit bermain, Iwobi mendapat kartu merah langsung akibat melanggar Msakni.

Hingga pertandingan berakhir, Elang Super tetap gagal mencetak gol penyama, meski sejumlah peluang dapat dikreasikan.



Komentar
Banner
Banner