Bisnis

Pesen Tiket 3 Bulan Sebelumnya, KAI: Rencanakan Perjalanan dengan Baik

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang periode pemesanan tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Featured-Image
Rencana pembangunan kereta api di Kalsel belum batal. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang periode pemesanan tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Pemesanan bisa dilakukan tiga bulan sebelum keberangkatan.

Kebijakan itu dikeluarkan PT KAI untuk melengkapi periode perpanjangan pemesan tiket yang dilakukan secara bertahap. Pertama, mulai 10 Juni 2023, tiket Kereta Api Jarak Jauh dapat dipesan mulai H-45 sebelum hari keberangkatan. Lalu pada tanggal 1 Juli 2023, tiket KAJJ bisa dipesan pada H-90, atau 3 bulan sebelum hari keberangkatan.

Selama ini, pemesanan tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) hanya dapat dipesan dalam jangka waktu H-30 sebelum hari keberangkatan perjalanan kereta api.

"Perpanjangan periode pemesanan tiket ini merupakan upaya peningkatan pelayanan KAI dengan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya menggunakan kereta api," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada bakabar.com, Sabtu (10/6).

Baca Juga: Layanan KAJJ di Stasiun Jatinegara, Ini Fasilitas yang Disiapkan

Untuk itu, Joni mengimbau masyarakat agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta api yang tertera pada tiket atau e-ticket. Hal ini juga berkaitan dengan pemberlakuan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023 yang telah diterapkan sejak 1 Juni 2023.

Selain itu, pengguna kereta diminta untuk turun sesuai dengan lokasi tujuan yang tertera di tiket. Kini tidak diperkenankan bagi pengguna kereta untuk turun di sembarang stasiun.

"KAI terus mengingatkan kepada seluruh pelanggan agar turun di stasiun  sesuai dengan yang tertera di tiket. Sebab, jika pelanggan didapati sengaja turun melebihi stasiun yang tertera di tiket, maka yang bersangkutan akan diturunkan di stasiun terdekat yang berkemungkinan jauh dari akses jalan raya," ujarnya.

Untuk meningkatkan pengawasan, Joni memastikan para kondektur yang bertugas telah dibekali dengan aplikasi Check Seat Passenger. Hal itu akan memudahkan identifikasi penumpang, sehingga dapat mengetahui nama, tempat duduk, dan relasi tiket yang dibeli.

Baca Juga: Per 1 Juni, Stasiun Jatinegara Layani Keberangkatan Penumpang KAJJ

"KAI terus beradaptasi dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan," terangnya.

Dengan adanya perpanjangan periode pemesanan tiket tersebut, Joni berharap, animo masyarakat semakin tinggi dalam menggunakan jasa transportasi kereta api. Pasalnya, moda transportasi berbasis rel itu memiliki banyak keunggulan.

"Di antaranya sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan sehat," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner