Kereta Api Jarak Jauh

Layanan KAJJ di Stasiun Jatinegara, Ini Fasilitas yang Disiapkan

Sejumlah persiapan disiapkan PT Kereta Ap Indonesia (KAI) menjelang layanan keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Jatinegara.

Featured-Image
Sejumlah Fasilitas Layanan KAJJ di Stasiun Jatinegara (Foto:apahabar.com/Daffa)

bakabar.com, JAKARTA - Sejumlah layanan telah disiapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjelang keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.

Sarana dan prasarana tersebut disiapkan agar memberi kenyamanan kepada penumpang seiring diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai 1 Juni 2023.

Pantauan bakabar.com di Stasiun KA Jatinegara sejumlah fasilitas layanan seperti ruang tunggu telah dimanfaatkan oleh penumpang. Bahkan barisan bangku yang kondisinya baru tak pernah sepi dari para penumpang.

Selain itu, fasilitas seperti lift hingga eskalator untuk mengantar para penumpang menuju ke peron selalu ramai oleh lalu lalang penumpang. Pun fasilitas lain, seperti toilet, musala, hingga ruang kesehatan telah tertata rapi.

Baca Juga: Gapeka 2023, Penumpang Kereta: Saya Tidak Tahu Tapi Saya Setuju

Khusus untuk peron yang akan digunakan oleh kereta api jarak jauh, saat ini masih ditutup, karena ada sejumlah pengerjaan yang dilakukan. Nantinya ketika Gapeka 2023 diberlakukan, peron siap digunakan.

Selain itu, fasilitas parkir kendaraan hingga beberapa pos pengamanan turut disediakan. Fasilitas tersebut diharapkan lebih memudahkan penumpang untuk masuk ke dalam stasiun.

Sebagai informasi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta membuka layanan keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.

Diungkapkan Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, layanan keberangkatan penumpang dari Stasiun Jatinegara akan diberlakukan pada 1 Juni 2023 sesuai dengan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

Baca Juga: Laju Pengujian Kereta Cepat, KCIC: Ditingkatkan Secara Bertahap

Jika sebelumnya Stasiun Jatinegara hanya memberlakukan sistem penurunan penumpang, dengan adanya Gapeka 2023, dijelaskan Eva, terdapat 4 kereta api yang akan mengangkut penumpang KAJJ dengan stasiun asal Jatinegara.

Dengan aturan terbaru perjalanan kereta api jarak jauh, diharapkan memberikan kemudahan pilihan bagi penumpang dalam mengefisiensikan waktu keberangkatan.

"Saat Gapeka baru diberlakukan pada 1 Juni akan terdapat 4 KA Jarak Jauh (KAJJ) pemberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani juga naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara," kata Eva.

Dia menambahkan, "Melalui penambahan layanan naik penumpang di Stasiun Jatinegara, diharapkan para pelanggan KA khususnya dari area Daop 1 Jakarta dapat memiliki alternatif stasiun yang dapat dipilih saat akan berangkat.

Editor
Komentar
Banner
Banner