Hot Borneo

Pertamina Pastikan Bahan Bakar untuk Keberangkatan Haji di Bandara Sepinggan Balikpapan Aman

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan kebutuhan bahan bakar pesawat untuk keberangkatan calon…

Featured-Image
Ilustrasi – Calon jemaah haji berangkat dari Embarkasi Balikpapan. Foto: Sepinggan Airport

bakabar.com, BALIKPAPAN - Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan kebutuhan bahan bakar pesawat untuk keberangkatan calon jemaah haji di Kaltim aman.

Bekerja sama dengan stakeholder di Balikpapan, stok bahan bakar untuk pesawat disebut-sebut telah cukup untuk melayani kebutuhan keberangkatan jemaah haji di Kaltim ataupun Balikpapan.

Albert Efendi, Region Manager Corporate Operation & Service Kalimantan mengatakan bahwa untuk penerbangan haji di 2022 ini pihaknya sudah menyiapkan bahan bakar yang cukup untuk pesawat.

Di antaranya untuk pengisian pesawat udara dengan menggunakan refueler, Pertamina menyiapkan 4 refueler untuk layanan pesawat udara dengan kapasitas 40 Kiloliter (KL).

"Cuma memang untuk penerbangan tahun ini di Bandara SAMS Sepinggan ada 7 kloter, kemudian di Banjarmasin ada 7 kloter sudah kami siapkan," katanya di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada Selasa (21/6).

Albert mengungkapkan bahwa untuk penerbangan menuju Jeddah, pesawat yang mengangkut calon Jemaah haji dari Balikpapan ini transit terlebih dahulu ke Bandara Kualanamu, Medan.

Sehingga kebutuhan bahan bakar pesawat tidak begitu besar yakni sekitar 16 sampai 25 Kiloliter.

"Kali ini semuanya tidak langsung ke Jeddah tapi transit ke bandara Kualanamu, sehingga kalau penerbangan ke Kualanamu 2 jam itu refueling sekitar 16 sampai 25 KL, tidak terlalu banyak. Nanti pemulangan Jemaah haji penerbangannya direct dari Balikpapan ke Jeddah itu yang mungkin cukup banyak sekitar 60 KL per pesawat dengan pesawat tipe airbus 330," ungkapnya.

Stok bahan bakar untuk pesawat di Bandara SAMS Sepinggan yakni sebanyak 3×1.000 Kiloliter. Bukan hanya haji saja, melainkan untuk kebutuhan penerbangan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

"Peningkatannya memang untuk keberangkatan ini tidak signifikan sekitar 2 sampai 3 persen. Besarnya itu pas pemulangan akan meningkat sekitar 12 persen," tuturnya.

Selain itu kegiatan di Bandara dalam hal keberangkatan calon Jemaah haji, Albert mengatakan bahwa Pertamina juga bekerja sama dengan stakeholder di lingkungan Bandara SAMS Sepinggan dengan tupoksinya masing-masing. Termasuk menyiapkan personel untuk melayani para calon jemaah atau penumpang dengan maksimal.

"Tidak hanya kendaraan pengisian tapi juga personel 100 persen untuk bisa melayani dengan ideal. Personel ini sudah kami siapkan khusus dengan tim satgas untuk layanan penerbangan," pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner