Asian Games 2022

Pertama dalam 61 Tahun, Tim Bulu Tangkis Indonesia Tanpa Raih Medali

Sejarah kelam tercatat di Asian Games 2022. Tim bulu tangkis Indonesia untuk pertama kali dalam 61 tahun harus pulang tanpa satupun medali.

Featured-Image
Tunggal Putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung. foto: PBSI

bakabar.com, JAKARTA - Sejarah kelam tercatat di Asian Games 2022. Tim bulu tangkis Indonesia untuk pertama kali dalam 61 tahun harus pulang tanpa satupun medali.

Pasalnya, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tak mampu lolos ke semifinal, Kamis (5/10).

Padahal, Indonesia selalu langganan mendapatkan medali sejak cabor bulutangkis pertama kali dipertandingkan di Asian Games 1962.

Kepastian itu setelah Gregoria yang menjadi wakil Indonesia yang terakhir bertanding kalah oleh tunggal putri milik Jepang, Aya Ohori dua gim langsung 10-19, 19-21.

Baca Juga: Desak Made Rita Sabet Medali Emas Keenam Indonesia di Asian Games

"Ini adalah laga yang sangat penting karena laga perebutan medali jadi saat-saat itu adalah saat yang menentukan. Sebetulnya saya tidak terlalu memikirkan saya menjadi satu-satunya harapan terakhir Indonesia untuk meraih medali," ucap Gregoria.

Sebelumnya, Anthony juga tersingkir di babak perempat final usai takluk 13-21, 17-21 dari wakil China, Li Shifeng.

Seusai pertandingan, Ginting mengaku sudah mengerahkan segala cara untuk bisa meraih kemenangan di laga lawan Li Shifeng.

Namun wakil tuan rumah itu terlihat bermain lebih tenang dan percaya diri sehingga bisa mengatasi permainan Ginting.

Baca Juga: Baru Raih Perak, Tim Perahu Naga Indonesia Optimis Bawa Pulang Emas

"Fokus saya lebih ke diri sendiri, tidak mau terlalu banyak memikirkan hal yang di luar pertandingan. Tapi pasti ekspektasinya, targetnya dan keinginan pribadi ingin menyamai hasil di Asian Games 2018 atau bahkan melebihi hanya memang mungkin rezekinya sampai di sini saja," ucap Ginting.

Sedangkan Fajar/Rian menjadi wakil Indonesia pertama yang tersingkir di perempat final Asian Games 2022.

Pasangan nomor satu dunia itu takluk dari pasangan Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin dua gim langsung, 19-21, 18-21.

Hasil itu membuat Fajar/Rian tidak mampu menyumbang medali untuk kontingen Indonesia setelah pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang menyabet medali perak.

Baca Juga: Amellya Nur Sifa Sumbang Emas Keempat Indonesia di Asian Games 2022

"Kami mohon maaf kepada masyarakat Indonesia karena belum bisa memberikan medali untuk Indonesia. Semoga kedepannya kami bisa lebih baik lagi dan harapannya pelan-pelan kami bisa kembali ke trek yang semestinya," kata Rian.

Dengan begitu, ini membuat PBSI harus bekerja keras melakukan evaluasi mengenai kinerja para atletnya yang mulai menurun dalam beberapa turnamen terakhir.

Editor
Komentar
Banner
Banner