Sport

Persiapan Matang, Petinju Putri Banjarbaru Optimistis Emas di PON XX Papua

apahabar.com, BANJARBARU – Sudah melakukan persiapan matang, petinju putri Kalimantan Selatan dari Banjarbaru, Adistya Oliana, optimistis…

Featured-Image
Petinju putri Kalimantan Selatan dari Banjarbaru, Adistya Oliana, menargetkan medali emas di PON XX Papua 2021. Foto: apahabar.com/Nurul Mufidah

bakabar.com, BANJARBARU – Sudah melakukan persiapan matang, petinju putri Kalimantan Selatan dari Banjarbaru, Adistya Oliana, optimistis di PON XX Papua 2020.

Bertanding di kelas 54 kilogram, Adistya Oliana merupakan satu dari 5 petinju Kalimantan Selatan yang akan bertanding di PON 2021.

Petinju lain yang mewakili Bumi Lambung Mangkurat adalah M Syarif Hidayatullah di kelas 81 kilogram putra dan Mutia Adelia kelas 45 kilogram putri.

Kemudian Beatrix Adrian Sugoro di kelas 51 kilogram putri, serta Silpa Lau Ratu di kelas 57 kilogram putri.

Tidak tanggung-tanggung, Adistya Oliana menargetkan dapat membawa emas dari PON perdana di Indonesia Bagian Timur tersebut.

“Kami latihan sudah jangka panjang sejak 2020,” ungkap Adistya seusai pelepasan atlet PON dari Banjarbaru, Senin (20/9).

“Saya menargetkan emas, tapi untuk hasil akhir diserahkan kepada Tuhan. Terpenting kami mampu tampil baik,” imbuhnya.

Bukan tanpa alasan emas menjadi buruan, mengingat Adistya berhasil memperoleh perunggu di kualifikasi PON 2021 yang berlangsung di Maluku Utara.

Demi merealisasikan target emas, Adistya Oliana sudah memetakan lawan yang patut diperhatikan. Merekaberasal dari DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Namun demikian, Adistya Oliana meyakini lawan terberat yang akan dihadapi di PON 2021 adalah diri sendiri.

“Musuh terberat adalah diri sendri. Kalau yang lain sama saja, karena teknik yang dipakai sama,” tegas Adistya.

Target Emas

Seperti harapan umum masyarakat Kalimantan Selatan, KONI Banjarbaru juga menginginkan atlet-atlet mereka menorehkan prestasi di PON 2021.

“Target kami di PON 2021 adalah emas, terutama untuk petinju yang dilihat berdasarkan prestasi sebelumnya,” sahut Suftiatni Dharma, Sekretaris Umum KONI Banjarbaru.

Tidak hanya tinju, KONI Banjarbaru juga menargetkan medali dari gulat yang merupakan salah satu cabang olahraga andalan Kota Idaman.

“Kalau dari gulat, kami berharap minimal medali perak lantaran persaingan cukup ketat. Pun kami tidak muluk-muluk, karena yang penting mempertahankan prestasi PON sebelumnya,” tandas Suftiatni.

Banjarbaru sendiri mengirimkan 10 atlet dalam kontingen Kalsel ke PON XX Papua 2021. Mereka terdiri dari 5 petinju, 3 pemain basket, serta masing-masing 1 pegulat dan karateka.

Dalam penugasan ke PON 2021, mereka didampingi 4 pelatih, 3 pendamping dari Disporabudpar dan 3 pendamping dari KONI.



Komentar
Banner
Banner