Sport

Tiba dari India, Binaragawan Banjarbaru Sabet Emas Kejuaraan Dunia Disambut Bonus

Dayu pulang membawa dua emas di kejuaraan Himalayan Stallion Sports Festival (HSF) Drugfree Natural Athlete di Pragati Maidan, New Delhi India.

Featured-Image
Pengurus KONI Banjarbaru saat menyambut kedatangan Ahmad Dayu. Foto-KONI Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Mendarat di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Rabu (13/6) malam, binaragawan Banjarbaru, Ahmad Dayu disambut pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat.

Dayu pulang membawa dua emas di kejuaraan Himalayan Stallion Sports Festival (HSF) Drugfree Natural Athlete di Pragati Maidan, New Delhi India.

Sekretaris KONI Banjarbaru, Sufriatni memastikan bonus untuk Dayu sudah disiapkan Ketua KONI Banjarbaru Gusti Rizky Sukma Iskandar Putra secara pribadi.

"Dari ketua (KONI Banjarbaru) sudah terpikirkan dari beliau sendiri, kalau sudah datang (dari luar kota) langsung dengan beliau," katanya, Kamis (15/6).

Yayat, begitu ia disapa, akan mengirim laporan kepada Pemerintah Kota Banjarbaru, terkait keberhasilan Dayu sudah mengharumkan nama Kota Idaman di kancah internasional.

Yayat bilang, Ketua KONI Banjarbaru sangat mengapresiasi Dayu atas torehan prestasi yang diberikan. 

"Dayu ke depan masuk dalam jajaran atlet binaraga yang akan berlaga di ajang Pra PON di Bengkulu. Ini kita harapkan ada perhatian dari Pemkot dan instansi terkait (Disporabudpar Banjarbaru)," tuturnya.

Yayat juga berharap, Dayu terus menjaga metode latihan dan mampu mempertahan serta meningkatkan prestasi yang sudah diraih.

"Kepada para atlet binaraga Kota Banjarbaru agar mencontoh prestasi yang ditorehkan Dayu. Serta bisa saling berbagi pengetahuan metode pelatihan yang dipakai Dayu," sambungnya. 

Dengan saling bertukar pikiran, Yayat yakin akan ada atlet binaraga lainnya yang dapat meraih prestasi seperti Dayu. 

Sebagai informasi, Dayu berhasil meraih dua medali emas pada kejuaraan HSF Drugfree Natural Athlete di Pragati Maidan, New Delhi, India, Minggu (11/6) lalu.

Dia mengikuti dua kategori dalam pertandingan tersebut. Pertama kategori Open Bodybuilding dan kedua kategori Classic Physique.

Menurut Dayu, keberhasilan itu berkat kerja keras dan dukungan salah satu brand suplemen fitnes. Termasuk support dari salah satu legenda atlet binaraga Indonesia, Ade Rai.

Ikut sertanya Dayu pada ajang HSF Drugfree Natural Athlete ini juga tidak lepas dari campur tangan Ade Rai, yang sekaligus sebagai guest star pada ajang tersebut.

Diceritakannya, awal mula ikut serta pada ajang tersebut ketika Ade Rai melakukan kunjungan ke Kalimantan Selatan, mengisi sebuah acara dari BPJS Kesehatan.

"Seperti biasa beliau (Ade Rai) jika ke Kalsel pasti ngajak ketemu bareng, saat berbincang beliau ngajakin tanding ke India," kata Dayu. 

Dikatakan Dayu, sebelumnya ia sudah menjajaki ajang body contest sebelum masuk ke binaraga. Ia memulai debut pertamanya di kejuaraan yang diselenggarakan di Binuang 2014. Di tahun pertamanya ia belum menunjukkan pencapaian prestasi satupun.

"Dulu nggak juara karena itu event pertama kali, dijadikan sebagai pengalaman dan pembelajaran," ujarnya.

Dua tahun kemudian, tepatnya di tahun 2016, usahanya mulai membuahkan hasil. Ia berhasil menjuarai ajang body contest di Kabupaten Balangan.

Kemudian di Hulu Sungai Utara di ajang yang sama, di lanjutkan di Kalimantan Tengah, Dayu berhasil menyabet beberapa torehan juara body contest.

Khusus di kelas binaraga, ia baru mulai pada 2021, masuk di divisi binaraga Ia berhasil meraih medali emas di Kejurprov Kalsel dan medali perak di Porprov Kalsel.

Kedepan, Dayu membidik ajang-ajang nasional dan internasional lainnya guna mengharumkan nama Kota Banjarbaru khususnya dan Kalsel pada umumnya.

"Tahap selanjutnya, paling dekat persiapan Pra PON, kalau niatan mengikuti ajang internasional pasti ada, masih nunggu event selanjutnya," tuturnya.

Terkahir, Dayu mengharapkan, adanya perhatian lebih dari Pemerintah Kota Banjarbaru khususnya di cabang olahraga Binaraga agar lebih didukung, tidak hanya diajang seperti Kejurprov ataupun Porprov, juga dukungan pemerintah dalam segala event lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner