Tak Berkategori

Perlu Diketahui, Tiga Efek Samping Vaksin Covid-19

apahabar.com, JAKARTA – Selayaknya obat-obatan kebanyakan, vaksin Covid-19 juga memiliki efek samping. Apa saja efek yang…

Featured-Image
Vaksin Covid-19 sudah mulai digunakan di berbagai negara termasuk Inggris, Bahrain, Amerika Serikat, Kanada, dan Arab Saudi. Foto: Hartford Courant

bakabar.com, JAKARTA – Selayaknya obat-obatan kebanyakan, vaksin Covid-19 juga memiliki efek samping. Apa saja efek yang sudah ditemukan?

Vaksin Covid-19 memang sudah ditunggu masyarakat seluruh dunia agar terhindar dari infeksi virus corona yang menghantui selama setahun terakhir.

Dari sekian vaksin yang sedang diteliti ilmuwan, Pfizer-BioNtech dan Moderna menunjukkan efektivitas terhadap corona lebih dari 90 persen.

Pun vaksin Pfizer-BioNtech dan vaksin Moderna telah mengantongi izin edar darurat dari Food and Drug Administration (FDA), serta sedang digunakan di berbagai negara termasuk Inggris, Bahrain, Amerika Serikat, Kanada, dan Arab Saudi.

Dua vaksin tersebut menggunakan potongan kode genetik untuk memunculkan respon imun yang disebut vaksin mRNA.

Jenis vaksin ini tidak mengubah sel manusia, tetapi hanya memberikan instruksi kepada tubuh untuk membangun kekebalan terhadap corona.

Meski memiliki efisiensi lebih dari 90 persen, kedua vaksi itu juga memiliki beberapa efek samping kalau disuntikkan ke tubuh.

Dikutip dari Healthshots dan dilansir Detik, setidaknya terdapat tiga efek samping yang sudah teramati.

1. Nyeri di area suntikan

Tercatat sudah 37.586 peserta yang mendaftar dalam uji klinis tahap ketiga. 18.801 orang di antaranya telah menerima vaksin, sementara 18.785 mendapatkan plasebo.

Setelah baksin diberikan dalam dua dosis selang tiga minggu, efek samping yang paling sering dilaporkan adalah reaksi di tempat penyuntikan. Beberapa orang melaporkan kemerahan, demam, hingga pembengkakan ringan di area bekas suntikan.

Dalam beberapa kasus, orang yang sudah divaksin merasa agak sulit menggerakkan lengan karena sakit.

2. Kelelahan, sakit kepala dan nyeri otot

Efek samping setelah vaksin juga meliputi kelelahan, sakit kepala dan nyeri otot. Kelelahan terlihat dari 63 persen peserta, sakit kepala 55 persen dan nyeri otot 38 persen.

Umumnya gejala tersebut ringan dan membaik dalam satu atau dua hari. Beberapa orang juga merasa menggigil, nyeri sendi, dan demam setelah penyuntikan vaksin dosis kedua.

3. Gangguan neurologis

Tingkat efek samping serius yang dilaporkan kurang dari 0,5 persen adalah gangguan neurologis. Terjadi 4 kasus kelumpuhan wajah di Amerika Serikat.

Namun praktisi medis menjelaskan tidak perlu khawatir, karena jumlah pasien yang mengalami kondisi itu konsisten dengan pelaporan kasus sebelumnya.

Di sisi lain, belum dilakukan penelitian lebih lanjut yang menunjukkan bahwa kondisi itu disebabkan pemberian vaksin.



Komentar
Banner
Banner