Infrastruktur Kendaraan Listrik

Penuhi Kebutuhan Kendaraan Listrik, PLN Perbanyak SPKLU dan SPBKLU

PLN percepat pembangunan Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Featured-Image
SPKLU untuk pengisian kendaraan roda empat. Foto: dok. PLN

bakabar.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) perbanyak pembangunan Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan ekosistem kendaraan listrik.

PLN telah membangun sebanyak 616 unit (SPKLU) untuk pengedandara mobil listrik. Serta, 1.056 unit Stasiun SPBKLU diswdiakan untuk pemilik motor listrik.

PLN berencana memperbanyak unit SPKLU dan SPBKLU yang beroperasi ini di seluruh Indonesia. PLN menggandeng berbagai pihak untuk bisa mempercepat pembangunan SPKLU dan SPBKLU.

“PLN akan terus mendorong pembangunan SPKLU dan SPBKLU di kota-kota lain, sehingga, semua masyarakat bisa menggunakannya,” ujar Darmawan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui keterangan tertulis, Minggu (12/3).

Baca Juga: Sambut KTT ASEAN di Labuan Bajo, PLN NTT Sediakan 100 SPKLU

Selain SPKLU dan SPBKLU, PLN juga mengoperasikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Stasiun tersebut tidak hanya bisa digunakan oleh masyarakat yang memiliki UKM tetapi juga para pengendara motor listrik.

Stasiun ditujukan untuk motor dengan tipe mounted charging. Saat ini PLN telah mengoperasikan 6.705 SPLU di seluruh Indonesia dengan total daya terpasang 35,3 MVA. Untuk area Jakarta, PLN telah mengoperasi 2.995 SPLU.

“Jadi kami tidak hanya menyiapkan stasiun penukaran baterai saja, tetapi motor listrik milik warga bisa melakukan pengisian daya di SPLU ini,” kata Darmawan.

Baca Juga: PLN Terapkan Skema Zero Down Time dalam Perhelatan Piala Dunia U-20

Selain itu, PLN juga bekerja sama dengan produsen kendaraan listrik untuk menyediakan fasilitas home charging bagi para pemilik kendaraan listrik. Saat ini sudah tersedia 1.080 unit home charging di beberapa provinsi untuk digunakan masyarakat.

Melalui kerja sama dengan produsen kendaraan listrik, pelanggan tak perlu risau lagi atas pengisian daya kendaraan. Karena sejak membeli kendaraan listrik, maka pelanggan otomatis mendapatkan fasilitas home charging.

Fasilitas berupa pemasangan peralatan secara gratis, integrasi dengan sistem PLN dan juga mendapatkan diskon tambah daya listrik.

Telah disediakan platform digital pendukung yaitu Electric Vehicle Digital Services (EVDS) pada aplikasi PLN Mobile. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat mencari tahu lokasi SPKLU dan SPBKLU terdekat.

Baca Juga: Kemenhub Siapkan Langkah Antisipasi Hadapi Musim Lebaran 2023

Melalui platform tersebut, masyarakat juga dapat memantau pengeluaran biaya listrik kendaraan listrik. EVDS menyajikan fitur marketplace yang dapat digunakan oleh masyarkat.

Marketplace tersebut dapat memberikan semua kebutuhan terkait informasi produk dan spesifikasi kendaraan listrik dengan mudah didapatkan dari berbagai mitra.

Editor


Komentar
Banner
Banner