Sport

Pengurus Baru Askab PSSI Banjar Geber Turnamen Bola

Pengurus Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Banjar baru dilantik periode 2023 - 2027 langsung menggelar turnamen yang diikuti 50 tim di Bumi Barakat.

Featured-Image
Wakil Ketua sprov PSSI Kalsel, Syarifudin Ardasa menyerahkan bendera PSSI ke Ketua Askab PSSI Banjar Gusti Abdurrachman, Rabu (19/7) sore. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Pengurus Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Banjar baru dilantik periode 2023 - 2027 langsung menggelar turnamen yang diikuti 50 tim di Bumi Barakat.

Turnamen sepakbola Piala Bupati Banjar dan Piala Askab PSSI Banjar itu diikuti 50 tim dalam rangka HUT RI dan Harjad Banjar, yang digelar di Lapangan Mini Barakat, Martapura, Rabu (19/7) sore.

Sebelum dimulai laga perdana, ketua dan seluruh pengurus Askab PSSI Banjar melakukan pelantikan. Gusti Abdurrachman kembali dipercaya menahkodai Askab PSSI Banjar.

Pelantikan dipimpin oleh Wakil Ketua Asprov PSSI Kalsel, Syarifudin Ardasa. Sekjen Asprov PSSI Kalsel, Baktiansyah membacakan surat keputusan.

Syarifudin Ardasa mengatakan, sepakbola tidak akan bagus jika hulunya juga tidak bagus. Oleh karenanya, ia mendorong pengurus Askab PSSI Banjar yang baru akan lebih baik lagi dan membenahi kekurangan yang ada.

"Kunci kekuatan sepakbola itu sebenarnya ada di pengurusnya bagaimana organisasinya menjalankan tugasnya dengan baik, salah satunya pembinaan usia dini, kemudian mengupgrade wasit-wasitnya hingga para pelatihnya," ujar Syarifuddin.

Ia mencontohkan, untuk pelatih SSB saja saat ini sudah tidak boleh lagi hanya lesensi D Nasional, minimal C AFC.

"Itu salah satu contoh kecil. Saya belum tahu datanya, sepertinya di Kabupaten Banjar masih sangat sedikit," ucapnya.

Sementara, Ketua Askab PSSI Banjar Gusti Abdurrachman berjanji bakal menggelar turnamen kelompok umur guna menggali potensi anak-anak berbakat.

"Kita upayakan turnamen-turnamen anak usia dini, yang mana berbakat bisa kita masukkan ke klub-klub bagus," ungkap pria kerap disapa Antung Aman ini.

Pembukaan turnamen sepakbola yang digelar Askab PSSI Banjar mempertemukan antara Hawi Mandiangin dan Astra Basel, di Lapangan Barakat, Martapura, Kamis (19/7) sore. foto-bakabar.com/Hendra Lianor
Pembukaan turnamen sepakbola yang digelar Askab PSSI Banjar mempertemukan antara Hawi Mandiangin dan Astra Basel, di Lapangan Barakat, Martapura, Kamis (19/7) sore. Foto-bakabar.com/Hendra Lianor

Terkait turnamen yang digelar adalah kategori umum dengan sistem gugur. yang digelar sampai 15 Agustus mendatang. Ia mengatakan 50 tim yang mengikuti adalah klub yang berada di bawah naungan Askab PSSI Banjar, dan semuanya murni warga Banjar.

Pada kegiatan tadi juga dihadiri Ketua DPRD Banjar sekaligus Ketum KONI Banjar HM Rofiqi, Bupati yang diwakilkan Asisten Ikhwansyah, Kabag Ops Polres Banjar, Danramil, dan undangan lainnya.

Adapun pertandingan perdana turnamen mempertemukan antara Hawi Mandiangin dan Astra Basel (Bawahan Selan), dimana skor akhir 0 - 1 yang dimenangkan Astra Basel.

Editor


Komentar
Banner
Banner