Memaknai Iduladha 2023

Pengorbanan Nabi Ibrahim Bagi Ahmadiyah Depok

Pengorbanan bapak para nabi; Ibrahim jadi tajuk utama khotbah Iduladha Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Depok, Kamis (29/6) pagi.

Featured-Image
Suasana Salat Iduladha jemaah Ahmadiyah di Masjid Al-Hidayah, Sawangan, Depok, Kamis (29/6). (Foto: apahabar/Leni)

bakabar.com, DEPOK - Pengorbanan bapak para nabi; Ibrahim jadi tajuk utama khotbah Iduladha Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Depok, Kamis (29/6) pagi.

Mubaligh JAI Depok, Abdul Hafidz Bahansubu menyebut, tak ada perbedaan dalam pelaksanaan ibadah Iduladha yang dilakukan JAI. Rangkaiannya juga sama. Setelah Salat Id, dilanjutkan dengan khotbah.

Kata dia, pada Iduladha kali ini ada dua aspek yang ditekankan. Terangkum dalam khotbah.

Baca Juga: Refleksi Iduladha pada Tragedi Km 171: Gambaran Pemimpin, Pejabat dan Cukong Tambang

Pertama, Iduladha bukan hanya sekadar mengenang secara simbolis apa yang terjadi pada sejarah Nabi Ibrahim, Ismail, dan Siti Hajar. Tapi bagaimana cara dimanifestasikan dalam kehidupan.

"Bentuk pengorbanan, dengan simbol memberi daging kurban, kepada sesama maka harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kondisi apapun kita, kalau kita bisa bantu ya bantu. Baik tenaga, pikiran, waktu maupun harta," tuturnya.  

Kedua, soal kekeluargaan Nabi Ibrahim. Keluarganya terbangun luar biasa. Bersama sang istri Siti Hajar yang melahirkan anak berbakti seperti Ismail. 

"Sehingga keluarga Nabi Ibrahim harus menjadi contoh, untuk membentuk keluarga," tukas Abdul Hafidz.

Editor


Komentar
Banner
Banner