Wisata Bogor

Pengelola Kawasan Wisata Gunung Salak Endah Bersiap, Berharap Pengunjung Membludak

Kawasan wisata Gunung Salak Endah yang berada di Bogor Barat mulai ramai wisatawan dari luar Bogor. Pengelola siap siaga.

Featured-Image
Wisata Gunung Salak Endah masih menjadi primadona, untuk wisatawan dari Jabodetabek. Selain banyak wisata alam, terdapat penginapan juga, Minggu (31/1). Sumber: apahabar.com/Zaenal

bakabar.com, BOGOR - Tidak hanya kawasan Puncak Jawa Barat, yang diserbu wisatawan. Kawasan wisata Gunung Salak Endah yang berada di Bogor Barat juga mulai diserbu wisatawan dari luar Bogor. 

"Jelang akhir tahun wisata di kawasan gunung salak Endah tetap jadi primadona wisatawan dari luar Bogor," ujar pengelola wisata Gunung Salak Endah, Riau Alamsyah (38) ketika ditemui bakabar.com, Minggu (31/12).

Menurut Riau, jumlah pengunjung sekarang ada penurunan sedikit dibanding tahun lalu. Sebabnya karena faktor cuaca dan sedang ada perbaikan jalan akses ke Gunung Salak Endah.

"Tahun lalu ada peningkatan 90 persen, tapi saat ini sekitar 60 persen," ucapnya menjelaskan.

Dia mengaku, meskipun begitu area wisata GSE masih jadi kunjungan cukup ramai, karena terdapat penginapan yang aksesnya tidak jauh dengan wisata.

"Kebanyakan wisatawan yang datang berasal dari Tangerang, Depok dan Jakarta. Bahkan kerap menginap dan ada juga langsung pulang lagi," ucapnya.

Harapan dari pengelola wisata Gunung Salak Endah, ke depan ada perbaikan fasilitas untuk akses ke dalam lokasi, juga perbaikan penerangan jalan yang sampai saat ini masih minim.

"Sangat signifikan penurunannya, karena tahun kemarin tak ada perbaikan, makanya ada peningkatan kunjungan wisatawan di akhir tahun," pungkasnya.

Alasan kendala cuaca yang bisa mempengaruhi debit air terjun air membuat kekhawatiran ada banjir  bahkan sampai banjir bandang di sekitar lokasi wisata.

Untuk mengantisipasi hal itu dan demi keamanan pengunjung pihak pengelola memastikan siap siaga.

"Kami ada tim rescue, karena area wisata GSE sudah dibagi petugasnya dan selalu memberikan imbauan dan penjagaan di area wisata air terjun sebagai SOP wisata," ujar Riau menegaskan.

Editor
Komentar
Banner
Banner