Pendidikan Anak

Pendidikan Anak Penting, DPRD Kaltim Dorong Insentif bagi Bunda PAUD Balikpapan

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting dan tidak dapat dipandang sebelah mata. Pembinaan anak pra sekolah berpengaruh besar terhadap pembangunan mental

Featured-Image
Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo bersama jajaran pengurus Bunda PAUD dan Kelompok Bermain se-Kecamatan Balikpapan Tengah. Foto: Humas DPRD Kaltim.

bakabar.com, SAMARINDA - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting dan tidak dapat dipandang sebelah mata. Pembinaan anak pra sekolah berpengaruh besar terhadap pembangunan mental dan karakter anak melalui kurikulum berstandarisasi nasional.

Berkaitan dengan itu, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo mengatakan kelengkapan sarana dan prasarana, peningkatan SDM dan kesejahteraan para pengajar semestinya dipenuhi sebagai upaya peningkatan kualitas generasi bangsa itu.

Kendati demikian, faktanya perhatian terhadap PAUD masih jauh dari maksimal jika dibandingkan dengan sekolah dasar. Tiap PAUD khususnya swasta sebagian besar memerlukan pendampingan dan perhatian lebih pemerintah.

Baca Juga: Objek Wisata Kukar Mampu Berkontribusi untuk PAD

Politikus PAN itu mengakui bahwa PAUD, SD, dan SMP merupakan kewenangan dan tanggungjawab dari pemerintah kabupaten/kota yang perlu diperhatikan dengan serius.

“Patut disyukuri adanya kenaikan intensif untuk guru PAUD di Balikpapan dengan lantar belakang pendidikan sarjana atau S1 sebesar Rp250 ribu,” kata Sigit Wibowo melakukan serap aspirasi jajaran pengurus Bunda PAUD dan Kelompok Bermain se-Kecamatan Balikpapan Tengah, Senin (23/10).

Baca Juga: DPRD Kaltim Dorong Jembatan Sei Nibung Selesai pada 2024

Sebagai wakil rakyat, ia mendorong seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim untuk memberikan perhatian lebih kepada PAUD terlebih berkaitan dengan peningkatan kesejateraan tenaga pengajarnya.

“Aspirasi Bunda PAUD ini kan salah satunya menginginkan adanya kenaikan intensif bagi guru se-Kaltim. Karena PAUD kewenangan pemerintah daerah maka kita dorong agar 20 persen APBD untuk pendidikan itu diantaranya juga memuat kesejahteraan mereka para guru PAUD,” tuturnya.

Baca Juga: Demi Keamanan Pelajar, Dishub Kukar Bakal Lakukan Pengadaan 6 Unit Bus Sekolah

Terkait teralisasinya beasiswa kepada guru PAUD untuk meneruskan pendidikan kejenjang lebih tinggi atau penyesuaian jurusan S1 PAUD dapat diprogramkan melalui beasiswa Kaltim.

“Ini bagian dari peningkatan kualitas SDM pengajar tentu DPRD Kaltim mendukung,” pungkasnya. (ADV/DPRD Kaltim)

Editor


Komentar
Banner
Banner