Objek Wisata

Objek Wisata Kukar Mampu Berkontribusi untuk PAD

Sejumlah objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) terbukti mampu berkontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar.

Featured-Image
Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, Muhammas Ridha Fatrianta. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Sejumlah objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) terbukti mampu berkontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar.

Saat ini ada sekitar lima objek wisata, yang dikelola langsung oleh Dispar Kukar, yakni Pulau Kumala, Kolam Pemancingan, Pantai Tanah Merah termasuk Planetarium.

Baca Juga: Maksimalkan Potensi Wisata, Desa Sumber Sari Bersolek

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, Muhammas Ridha Fatrianta mengatakan Tanah Merah masih menjadi objek wisata yang paling banyak berkontribusi bagi PAD Kukar.

“Jadi memang sektor pariwisata ini juga memberikan sumbangsi untuk PAD kita (Kukar), hanya saja memang jumlahnya belum begitu besar,” ungkap Ridha, Senin (23/10).

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Selain destinasi wisata yang dikelola secara langsung oleh Dispar, Ridha juga menyebutkan objek wisata yang dikelola oleh swasta juga berkontribusi bagi PAD Kukar. Hanya saja PAD objek wisata yang dikelola oleh swasta masuk ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

“Sektor pariwisata yang dikelola oleh swasta juga memberikan kontribusi pajak hanya saja masuk ke Bapenda,” tambahnya.

Baca Juga: Pemkab Kukar Bangun Daya Tarik Wisata Baru di Pulau Kumala

Untuk meningkatkan PAD dari sektor wisata, Dispar akan terus melakukan pembenahan dan renovasi pada sejumlah tempat wisata. Dengan menggunakan APBD-P 2023, fasilitas sejumlah objek wisata akan diperbaiki.

“Ke depan kita juga akan coba fasilitasi beberapa lokasi wisata yang dikelola oleh swasta dengan membuat aplikasi pembayaran parkir, agar masuk di kas daerah,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner