News

Pendaftaran Mulai Dibuka, Berikut Rencana Kedatangan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur ke KPU Kalsel

Meski pendaftaran resmi dibuka mulai hari ini, dari informasi yang dihimpun tidak ada pasangan calon yang dijadwalkan datang pada hari pertama.

Featured-Image
KPU Kalsel menggelar rapat persiapan pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur bersama Polda da Korem 101/Antasari. Foto: Syhabani

bakabar.com, BANJARMASIN - KPU Kalsel mulai membuka pendaftaran pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk Pilkada 2024 sejak 27-29 Agustus.

Meski pendaftaran resmi dibuka mulai hari ini, dari informasi yang dihimpun tidak ada pasangan calon yang dijadwalkan datang pada hari pertama.

Berdasarkan informasi yang diterima KPU Kalsel, pasangan Raudatul Jannah, yang lebih dikenal dengan panggilan Acil Odah, dan Akhmad Rozanie Himawan akan menjadi pasangan pertama yang mendaftar. 

Rencananya mereka dijadwalkan tiba di Kantor KPU Kalsel pada Rabu (28/8) pukul 10.00 Wita. 

Sementara, pasangan Muhidin-Hasnuryadi, direncanakan mendaftar pada hari terakhir, Kamis (29/8) pukul 09.30 Wita. 

Di sisi lain, guna menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pendaftaran, KPU telah memberlakukan pembatasan ketat terhadap jumlah pendukung yang dapat hadir. 

Setiap pasangan calon hanya diperbolehkan membawa 40 orang pendukung, termasuk pasangan calon itu sendiri. 

Dari jumlah tersebut, hanya separuh yang diperbolehkan berada di area lobi utama KPU di lantai satu, sementara sisanya, termasuk pasangan calon, diizinkan masuk ke aula pendaftaran di lantai dua.

Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa, menjelaskan bahwa pembatasan ini diterapkan untuk memastikan proses pendaftaran berjalan dengan tertib dan aman. 

"Kami ingin memastikan bahwa setiap pasangan calon dapat mendaftar tanpa gangguan dan dengan protokol yang ketat, mengingat antusiasme pendukung yang besar," ujarnya.

Selain itu, KPU Kalsel telah menyiapkan fasilitas siaran langsung di lobi utama, yang memungkinkan pendukung tetap dapat melihat jalannya proses pendaftaran. 

Selian itu, setiap pasangan calon akan disambut secara khusus oleh KPU Kalsel dengan prosesi istimewa, termasuk penyambutan dengan karpet merah dan pengalungan bunga oleh Nanang Galuh, sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya lokal.

Editor
Komentar
Banner
Banner