Sepak Bola Internasional

Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia Meninggal di Usia 89 Tahun

Pemegang rekor gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia, Just Fontaine meninggal dunia di usia 89 tahun, pada Rabu (1/3) siang waktu setempat.

Featured-Image
Just Fontaine, striker pencetak gol terbanyak Piala Dunia asal Prancis meninggal di usia 89 tahun. (Foto: dok. fff)

bakabar.com, JAKARTA - Pemegang rekor gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia, Just Fontaine meninggal dunia di usia 89 tahun, pada Rabu (1/3) siang waktu setempat.

Fontaine yang merupakan pemain tim nasional Prancis, menjadi sejarah karena satu-satunya pemain yang mampu mengukir 13 gol pada satu gelaran Piala Dunia tahun 1958 di Swedia.

Fontaine yang sejatinya lahir di Maroko, masuk sebagai pemain Prancis pada Piala Dunia itu di menit-menit terakhir. Namun ia berhasil menjadi legenda karena mencetak gol terbanyak dari enam pertandingan, meski Prancis gagal di babak semifinal.

Secara total, Fontaine mengumpulkan 30 gol dari 21 pertandingan bersama Les Bleus dalam kurun waktu antara tahun 1953 hingga 1960.

Baca Juga: Hasil Piala Asia U-20: Kalah 2-0, Indonesia Gagal Tekuk 10 Pemain Irak

Sementara itu di level klub, Fontaine yang memulai karier sepak bola di liga Luar Prancis, kemudian menjadi salah satu pemain kunci Stade de Reims untuk mencapai partai final Liga Champions tahun 1959, saat masih menggunakan nama Piala Champions Eropa.

Reims kalah di final oleh Real Madrid dengan skor 2-0, tapi “Justo” julukan Fontaine menjadi top skorer dengan 10 gol. Selain itu, Justo juga membantu Reims memenangkan tiga gelar juara Liga Prancis.

Ia merupakan salah satu penyerang paling produktif sepanjang masa dengan mencetak 259 gol dari 283 pertandiingan. Sebagai pelatih, Fontaine membantu Paris Saint-Germain lolos ke divisi utama pada tahun 1974.

Kabar meninggalnya Fontaine diunggah oleh klub Stade de Reims melalui akun Twitter, dan juga federasi sepak bola Prancis.

“Bintang sepak bola Prancis, striker luar biasa, pemain legendaris Reims, kepada keluarganya, Stade de Reims mengirimkan belasungkawa yang paling tulus,” tulis Reims di Twitter.

Editor
Komentar
Banner
Banner