Tips dan Trik

Pemula Wajib Tahu, Ini 5 Tips Mudah Merawat Kucing

Termasuk hewan peliharaan yang menggemaskan, kucing memang banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa.

Featured-Image
5 Tips Mudah Merawat Kucing. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Termasuk hewan peliharaan yang menggemaskan, kucing memang banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa.

Berencana memiliki kucing di rumah untuk pertama kali, pastinya bertanya-tanya tips merawat kucing yang benar seperti apa, ya? Dilansir dari berkeluarga.id, berikut tips mudah merawat kucing untuk pemula.

1. Beri makan dan minum secara teratur

Yang pertama dan tidak boleh dilupakan adalah memberi makan dan minum kucing secara teratur. Biasanya, hewan mamalia ini makan sebanyak 2-3 kali sehari, dan disesuaikan dengan takaran yang diberikan.

Sedangkan untuk pakan kucing disarankan yang kering untuk meminimalisir risiko masalah gigi dan mulut. Kemudian untuk air minum berikan yang sudah matang. Hal ini bertujuan agar kucing terus dalam keadaan sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Tidak ketinggalan untuk membersihkan tempat makan dan minumnya dua atau tiga hari sekali dengan benar.

2. Siapkan litter box

Tips selanjutnya yakni harus menyiapkan litter box atau bak pasir yang akan digunakan sebagai toilet si kucing. Tapi jangan asal pilih pasir. Pilih pasir kucing yang nyaman dan mudah dibersihkan, contohnya jenis zeolite.

Jangan lupa juga untuk membersihkan pasir setiap hari dengan menyaring kotoran yang ada di dalamnya. Jangan kotoran di pasir didiamkan terlalu lama hingga menumpuk, hingga membuat si kucing risih dan bisa menjadi sarang penyakit.

3. Memandikan kucing

Lalu menjaga kebersihan kucing dengan baik juga hal yang wajib, salah satunya dengan memandikannya. Tidak perlu setiap hari, cukup dua minggu sekali, atau saat kucing sudah bau dan kotor.

Kalau tidak bisa membersihkannya bisa bawa kucing ke pet shop untuk dimandikan. Kalau memandikan sendiri disarankan menggunakan air hangat dan sampo khusus kucing. Jika sudah, pastikan bulu kucing kering sepenuhnya untuk menghindari jamur.

Mempertimbangkan cuaca dan kesehatan juga penting dalam memandikan kucing. Jika memang sedang mendung atau hujan dan kucing sakit, lebih baik menunda proses memandikannya.

4. Sisir bulu secara teratur

Menyisir bulu kucing bertujuan mengangkat rambut kucing yang sudah mati, menghilangkan gumpalan, hingga melancarkan aliran darah pada tubuh kucing. Sangat disarankan menyisir bulu kucing minimal sehari sekali dengan menggunakan sisir khusus kucing.

Perlu diperhatikan juga perbedaan antara sisir bulu kucing panjang dan pendek, ya. Kalau bulunya panjang, bisa menggunakan pin brush atau sisir yang punya dua sisi halus dan kasar. Sedangkan kucing berbulu pendek, bisa menggunakan soft slicker brush atau sisir yang berbentuk pipih.

5. Rutin periksa ke dokter

Satu lagi tips merawat kucing yang tidak boleh dilupakan, melakukan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan di sini tidak hanya sekadar menunggu kucing sakit saja, ya.

Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah vaksinasi. Pemberian vaksin merupakan langkah penting merawat kucing. Tujuannya agar si kucing tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Editor


Komentar
Banner
Banner