Angka Inflasi 2023

Pemerintah Klaim Mampu Tekan Inflasi hingga 2,61 Persen

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku pemerintah berhasil mengatasi inflasi selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Featured-Image
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat Foto: Ayyubi/apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku pemerintah berhasil mengatasi inflasi selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dia mengatakan inflasi pada Desember 2023 merupakan yang terendah selama beberapa tahun terakhir. Secara year on year (yoy) Indonesia hanya inflasi 2,61 persen. Angka tersebut terendah selama 20 tahun terakhir di luar masa pandemi Covid-19.

"Pemerintah berhasil meng-handle sehingga inflasi Desember untuk menghadapi Nataru terendah selama beberapa tahun terakhir, hanya 0,41. Artinya Natal Tahun Baru, kita sukses meng-handle harga," ungkap dia kepada wartawan Kamis (4/1).

Baca Juga: Usai Nataru, Mendag Zulhas Cek Harga Bahan Pokok di Pasar Palmerah

Bahkan kata pria yang akrab disapa Zulhas itu, jika dibandikan dengan Desember 2022, angka tersebut turun hingga setengahnya. Diketahui, angka inflasi pada 2022 sempat menyentuh angka 5,1 persen.

Hal itu kata dia menjelaskan bahwa pemerintah berhasil menjaga ketersediaan alias rantai pasok bahan-bahan pokok di pasar.

"Inflasi tahun ini bagus banget. (Karena) Supply-nya. Kalau supply-nya lebih (harga) pasti turun. Ini kan (soal) supply dan demand saja," ucap Zulhas.\

Baca Juga: Zulhas Bantah Tudingan Bansos dan BLT Jadi Alat Kampanye

Zulhas kemudian menjelaskan, sejumlah komoditas yang terpantau turun adalah beras yang kini sudah melandai karena sejumlah daerah penghasil mulai panen.

Komoditas lainnya adalah cabai. Di Aceh, kata dia harga cabai kini berkisar di angka Rp 15.000/kg di tingkat petani. Sementara harga jualnya mencapai Rp 25.000/kg.

Zulhas pun mengungkap terjaganya harga bahan pokok juga berlanjut pada awal tahun ini. Yang mana ayam ukuran 900 gram sampai 1,4 kg dijual dengan harga Rp 33 ribu.

Baca Juga: Jokowi Minta Perketat Pengawasan Distribusi Pupuk Subsidi

Lalu, telur ayam Rp 27.000/kg, sementara harga cabai keriting merah, kini berkisar di angka Rp 70.000/kg dan Rp 80.000/kg.

"Beras stabil, tadi dengar sendiri harganya tidak naik lagi tapi masih harga tinggi. Tapi sudah tidak naik lagi. Bawang saya kira juga stabil. Itulah teman-teman di awal 2024 ini harga-harga sembako, inflasi, bisa dikendalikan dengan baik kita cek langsung," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner