Regional

Pembuangan Sampah Kota Tangsel 2024 Diproyeksikan di TPA Degung Lebak

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Wahyunoto Lukman menyatakan Pemerintah Kota Tangsel memutuskan akan memindah pembuangan sampah d

Featured-Image
Truk sampah milik DLH Kota Tangsel yang melintas di Jalan Raya Parakan Kota Tangsel, Jum'at, (6/10). Foto: apahabar.com/Rizky Dewantara

bakabar.com, TANGSEL - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Wahyunoto Lukman menyatakan Pemerintah Kota Tangsel memutuskan akan memindah pembuangan sampah di TPA Degung di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

"Setelah tiga tahun bekerjasama dengan Pemkot Serang terkait penampungan sampah di TPA Cilowong. Namun kerjasama tersebut telah berakhir pada 2023 ini, jadi kami menjalin kerjasama dengan Pemkab Lebak soal pembuangan sampah di TPA Degung," ujarnya kepada wartawan di Kota Tangsel, Jumat, (6/10).

Menurut dia, berpindahnya kerja sama soal pembuangan sampah lantaran kerjasama dengan Kota Serang di TPA Cilowong sudah berakhir pada 2023 ini. Hal itu yang kemudian membuat pembuangan sampah dialihkan ke TPA Degung yang memilliki lahan seluas 13 hektare.

"Jadi bentuk kerja samanya sudah berakhir, bukan di setop. Tidak ada istilah setop, karena kita kerja sama dari 2020," ujarnya.

Baca Juga: 7 Kelurahan di Kota Tangsel Mengalami Krisis Air Bersih

Wahyunoto menjelaskan, mengenai perjanjian kerja sama teknis pembuangan sampah sedang dalam proses. Jadi nota kesepakatan antara kepala daerah itu bersifat umum.

Sambung dia, adapun teknis kerja sama pengelolaan sampah asal Kota Tangsel dibuang ke Kabupaten Lebak tertuang dalam perjanjian antara kepala dinas lingkungan hidup kedua daerah.

"Nanti di situ dijelaskan berapa yang mau diangkut, termasuk teknis-teknis lainnya," kata dia.

Baca Juga: Api Misterius Muncul di Rumah Warga Sumenep, Polisi Imbau Mengungsi

Lebih lanjut, bergantinya kerjasama soal pembuangan sampah ini telah di dipertimbangkan dengan baik dan berdasarkan pertimbangan yang jelas. Karena Pemkab Lebak masih punya lahan cukup memadai.

"Masih luas banget lahannya dan jarak tempuh walaupun berbeda tapi sedikit saja dengan jarak yang selama ini di Serang," pungkasnya.

Sekadar diketahui, produksi sampah di Kota Tangsel mencapai 400 ton per hari. Adapun selama ini pembuangan sampah juga dilakukan di TPA Cipecang, Kecamatan Setu yang saat ini sudah dalam kondisi overload.

Editor


Komentar
Banner
Banner