Polusi Udara

Pemakaian Motor Listrik Genjot Pengurangan Polusi Udara Nasional

Pemakaian motor listrik dapat menjadi upaya untuk mengurangi polusi udara secara nasioanl, terutama yang terjadi pada kota-kota besar di Indonesia.

Featured-Image
Head of Digital Business Adira Finance Edwin Kartawinata (kanan), Chief Marketing Officer ALVA, Putu Yudha (kiri) membuka acara EVperience di Mal Kelapa Gading. Foto: momotor.id

bakabar.com, JAKARTA – Pemakaian motor listrik dapat menjadi upaya untuk mengurangi polusi udara secara nasional, terutama yang terjadi pada kota-kota besar di Indonesia.

Hal itu karena penggunaan kendaraan yang masih bersifat konvensional atau menggunakan bahan bakar fosil menjadi penyebab utama dari menurunnya kualitas udara di Indonesia.

Untuk itu mesih harus digencarkan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap motor listrik yang ramah lingkungan.

Kemenko Maritim dan Investasi mencatat bahwa polusi udara di DKI Jakarta terkait Particulate Matter (PM2.5) disumbang oleh sektor transportasi, industri dan PLTU. Saat ini tercatat, ada sekitar 40 juta kendaraan bermotor yang lalu lalang di Ibu Kota Jakarta.

Baca Juga: Penderita ISPA Melonjak, Pemkot Depok: Bukan Hanya karena Polusi Udara

Sebagai upaya sosialisasi akan motor listrik yang ramah lingkungan, momotor.id, situs jual beli motor dari PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) berkolaborasi dengan PT. Ilectra Motor Group perusahaan lifestyle mobility solusion yang hadir melalui merk motor listrik ALVA.

Saat ini masyarakat dapat menyaksikan secara langsung motor listrik Alva dalam penyelenggaraan EVperience di Summarecon Mall Kelapa Gading pada 1-3 September 2023.

EVperience merupakan inisiasi dari perusahaan untuk menghadirkan pengalaman test ride dan sosialisasi kendaraan listrik kepada masyarakat khususnya di wilayah Jabodetabek.

Head of Digital Business Adira Finance, Edwin Kartawinata mengungapkan berencana memperluas perannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap motor listrik, salah satunya melalui EVperience.

Baca Juga: Puluhan Kendaraan Ditilang di Jakut, Warga Kesal Tak Ada Sosialisasi

Harapannya melalui kegiatan itu masayrakat dapat menghilangkan keraguan terhadap penggunaan kendaraan listrik, khususnya motor.

Selain itu Alva juga dikenal memiliki diferensiasi dan diversifikasi produk yang kuat, serta penggunaan teknologi inovatif. Hal tersebut yang tengah ditawarkan kepada masyarakat.

“Momotor.id sebagai bagian dari Adira Finance yang mendukung gerakan green financing, melihat bahwa motor listrik sebagai salah satu solusi pilihan berkendara yang lebih ramah lingkungan sehingga akan mengurangi dampak polusi udara di Ibukota,” kata Edwin yang dikutip, Minggu (3/9).

DKI Jakarta masuk ke dalam 5 kota besar dengan kualitas udara terburuk di dunia.Ha; itu berdasarkan data dari Index Kualitas Udara (IQAir) pada 30 Agustus 2023.

Baca Juga: Duh, Polusi Buruk Bisa Memperpendek Usia Hidup

Dalam data tersebut, tercatat nilai indeks kualitas udara (AQI) Jakarta mencapai 167 AQI US, menjadi yang tertinggi selama satu bulan ke belakang dan masuk ke dalam kategori "Tidak Sehat".

Semakin berkembangnya motor listrik menjadi dorongan bagi industri otomotif untuk berperan dalam memperbaiki kualitas udara, salah satunya dengan memberikan alternatif kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Bahkan, pemerintah secara khusus mendukung kehadiran motor listrik dengan memberikan subsidi sebesar Rp 7 juta bagi masyarakat yang membeli motor listrik.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner