LIFESTYLE

Peduli Sesama, ARMY Indonesia Sumbangkan Dana untuk Kesehatan Mental

Kegiatan menggalang dana untuk membantu korban Kanjuruhan bukanlah kali pertama bagi ARMY. Mereka sering berderma sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Featured-Image
BakBak Entertainment menggelar acara Light for Soul untuk bantu komunitas kesehatan mental. (Foto: dok. BakBak Entertainment)

bakabar.com, JAKARTA - Belakangan ini, ARMY Indonesia kembali menuai apresiasi dari publik. Penggemar boyband BTS itu berhasil menggalang dana sebesar Rp447 juta untuk keluarga korban Tragedi Kanjuruhan.

Kegiatan mulia yang demikian ternyata bukanlah kali pertama bagi ARMY.

Jauh sebelum insiden berdarah itu terjadi, mereka sering berderma sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Misalnya saja, seperti yang dilakukan BakBak Entertainment, sebuah event organizer penggelar acara ‘nonton bersama’ konser BTS.

Pada Juni lalu, bertepatan dengan anniversary sang idola, mereka membuat gelaran amal bertajuk Light for Soul (LFS).

Head of Community BakBak Entertainment, Aqilah Julieta Firdausi, mengatakan bahwa profit dari LFS disumbangkan kepada komunitas Heart of People.

Nantinya, dana tersebut bakal dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan mental.

“Khusus untuk eventLight for Soul di bulan Juni lalu, kita memang mengambil tema acara untuk meningkatkan awareness terhadap isu mental health, dan profit dari acara itu disumbangkan ke komunitas Heart of People,” ujarnya kepada bakabar.com, Senin (10/10).

Tergerak dari Sesama Penyintas

Lebih lanjut, Aqilah menjelaskan bahwa tema perayaan anniversary ke-9 BTS itu tergerak dari sejumlah ARMY yang didiagnosis mengalami gangguan kesehatan mental.

Melalui acara LFS, mereka berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, baik bagi diri sendiri maupun orang-orang di sekitar.

“Dari kata ‘lights’ itu harapannya, kita bisa menjadi terang untuk orang lain yang mungkin lagi ada di dalam kegelapan atau kegelisahan atas masalah-masalah yang dialaminya,” ungkap dara berusia 22 tahun itu.

Selain itu, Aqilah juga mengungkapkan, LFS mengusung tema dari lagu BTS yang berjudul Mikrokosmos.

Lagu tersebut sejatinya merupakan pengingat bagi ARMY bahwa mereka tak sendirian; mereka bergandengan satu sama lain untuk saling menguatkan.

Bukan Sekadar Acara ‘Nobar

ARMY Indonesia menyalakan lighstick sebagai simbol cahaya terang bagi mereka yang mengidap masalah kesehatan mental. (Foto: dok. BakBak Entertainment)
ARMY Indonesia menyalakan lighstick sebagai simbol cahaya terang bagi mereka yang mengidap masalah kesehatan mental (Foto: dok. BakBak Entertainment)

Gelaran LFS sendiri mengusung acara utama berupa menyalakan ribuan lighstick secara bersamaan. Ini sebagai simbol cahaya terang dan solidaritas untuk teman-teman yang membutuhkan.

Bukan cuma itu, mengutip akun Instagram @bakbak.ent, acara amal tersebut juga mengadakan talkshow bertemakan kesehatan mental. Narasumber yang dihadirkan pun bukan main; BakBak Entertainment menghadirkan ahli psikologi.

Bakal Adakan Acara Serupa

Aqilah menegaskan, tak menutup kemungkinan BakBak Entertainment kembali melangsungkan acara amal serupa.

Perhelatan yang demikian, umumnya, digelar bertepatan dengan hari-hari spesial BTS.

“Enggak menutup kemungkinan nantinya akan bikin acara serupa LFS lagi. Event semacam itu dalam rangka hari-hari spesial BTS, jadi seperti kita merayakannya dengan berbagi lagi untuk sesama,” jelasnya.

Dia mengatakan kegiatan amal yang demikian, besar kemungkinan, kembali dilakukan ketika memperingati hari jadi BTS atau dalam rangka ARMY Day tahun depan.

Sementara itu, untuk penyaluran dananya, akan menyesuaikan tema acara selanjutnya.

“Kemungkinan besar pasti akan ada kegiatan charity lagi, tapi untuk penyaluran dananya akan ke komunitas mental health lagi atau bukan, sepertinya itu nanti tergantung tema apa yang mau kita angkat dari next event-nya,” pungkas Aqilah.

Editor


Komentar
Banner
Banner