Tak Berkategori

Pecahkan Rekor, Balikpapan Tambah 202 Positif Covid-19

apahabar.com, BALIKPAPAN – Satgas Covid-19 Kota Balikpapan sepertinya harus tarik rem darurat terhadap aktivitas masyarakatnya. Pasalnya…

Featured-Image
Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty melaporkan kasus Covid-19. Foto-Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN – Satgas Covid-19 Kota Balikpapan sepertinya harus tarik rem darurat terhadap aktivitas masyarakatnya. Pasalnya semakin hari kasus positif semakin tinggi. Pada Selasa (19/1/2021) tercatat sebanyak 202 kasus baru.

Angka tersebut membuat 11 rumah sakit rujukan di Balikpapan mulai terisi penuh. Bahkan salah satu rumah sakit yakni Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) sudah tidak lagi menerima pasien Covid-19 lantaran tidak ada lagi kamar tidur yang tersedia.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan bahwa dari jumlah penambahan kasus tersebut terdapat 58 orang yang suspect atau bergejala, sehingga mereka harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Sementara kapasitas rumah sakit saat ini sudah sangat penuh.

“Dari jumlah itu ada 58 yang bergejala sehingga harus dirawat. Ada 11 rumah sakit yang sudah dijadikan rujukan semuanya hampir penuh, jadi sedang diatur penempatannya,” katanya saat press rilis di halaman Pemkot Balikpapan.

Dari angka penambahan kasus yang cukup signifikan ini terdapat satu orang pimpinan media cetak lokal di Balikpapan beserta keluarganya ikut terpapar Covid-19. Wanita yang kerap disapa Dio itu membenarkan bahwa yang bersangkutan masuk dalam kategori klaster keluarga.

“Yang kerja di media cuma satu orang, istri dan anak-anaknya juga ikut kena,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, mereka terpapar usai menghadiri acara pernikahan diluar daerah. Sepulangnya dari kegiatan tersebut satu keluarga mengalami gejala hingga akhirnya dilakukan pemeriksaan swab PCR. Alhasil didapati mereka terpapar Covid-19.

“Mereka habis perjalanan dari luar daerah terus ada gejala. Jadi satu keluarga ini hasilnya positif,” tuturnya.

Dio mengatakan yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri dan sedang dalam proses pemantauan petugas. Pihaknya juga masih akan melakukan tracing kontak guna mengantisipasi penularan lebih luas lagi.

“Datanya baru masuk hari ini, dia isolasi mandiri sama keluarganya,” pungkasnya.

Untuk diketahui total kasus positif di Balikpapan sampai saat ini sebanyak 8.139 orang. Pasien yang dirawat di rumah sakit sebanyak 456 orang, isolasi mandiri sebanyak 1.114 orang dan total pasien yang sembuh sampai saat ini sebanyak 6.521 orang. Sementara itu untuk pasien yang meninggal sebanyak 318 orang.



Komentar
Banner
Banner