Pemilu 2024

PDIP Terus 'Elus' PKB untuk Koalisi Dukung Ganjar

PKB terus mendapat bujukan dari PDIP untuk menajdi bagian dari koalisinya dalam mendukung Ganjar pada kontestasi pemilu 2024.

Featured-Image
Jokowi dan Cak Imin. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda mengatakan PDIP telah mengajak partainya untuk berkoalisi dan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Hal tersebut disampaikan Huda merespons rencana pertemuan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Komunikasi politik itu terus berlangsung antar petinggi partainya.

Menurut Huda, ajakan berkoalisi ini telah disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat berkunjung ke DPPPKB beberapa waktu lalu.

"Ketemu Bu Mega ini fase lanjutan. Yang pertama kan Mas Hasto datang ke kantor DPP, waktu itu satu jam sebelum PDIP menerima PAN waktu itu. Mas Hasto datang ke sana mengajak diskusi termasuk kira-kira menyampaikan ya selama ini kan kita bareng PKB-PDIP," kata Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/7).

Baca Juga: PDIP Obral Kursi Cawapres Demi Gaet Demokrat dan PKB

Huda menyampaikan sudah ada dua pertemuan pihaknya dengan elite PDIP sebelum rencana pertemuan Cak Imin dan Megawati. Ia mengaku sudah menyampaikan kepada Gerindra terkait komunikasi dengan PDIP ini.

"PKB sudah koalisi dengan Gerindra, kita juga sampaikan juga ke Gerindra. Jadi koalisi kita dengan Gerindra memang tidak menutup PKB untuk bisa komunikasi dengan partai politik lain. Jadi tetap memungkinkan untuk itu," ujarnya.

Rencana pertemuan Megawati dengan Cak Imin telah diagendakan sejak sebulan yang lalu. Wacana ini disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Baca Juga: Cak Imin Digadang Cawapres Ganjar, PPP Melempem

Hasto menyebut selama ini PDIP berkomunikasi secara intensif dengan Golkar, PKB, hingga Gerindra. Ia juga mengaku sudah bertemu dengan Cak Imin dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Kami juga akan atur pertemuan secara tertutup terlebih dahulu dengan Ibu Megawati terlebih dahulu," kata Hasto, Sabtu (10/6) lalu.

Cak Imin menegaskan dirinya masih menunggu jadwal bertemu dengan Megawati. Meskipun demikian PKB mengklaim mereka akan tetap setiap pada Gerindra yang telah menjadi koalisnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner