Wisata Jatim

Pasca Karhutla, Gunung Bromo jadi Wisata Jatim Paling Favorit

Jumlah wisatawan yang berlibur ke Indonesia meningkat. Pasca Karhutla, Gunung Bromo jadi favorit wisatawan yang berlibur ke Jatim.

Featured-Image
Gunung Bromo jadi favorit wisatawan yang berlibur ke Jatim. Foto: apahabar.com/IzzatunNajibah

bakabar.com, SURABAYA - Jumlah wisatawan mancanegara yang berlibur ke Indonesia tahun 2023 mencapai 10 juta orang. Gunung Bromo jadi favorit wisatawan yang berlibur ke Jatim pasca karhutla.

“Awalnya kami menargetkan 8,5 juta, tapi akhir tahun sudah lebih 10 juta," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo kepada bakabar.com, Senin (1/1).

Sementara itu, wisatawan domestik mencapai 800 juta perjalanan. Karenanya, Kemenparekraf juga optimis terhadap target wisata tahun depan.

Baca Juga: Sebulan Pasca Karhutla, Kawasan Gunung Bromo Mulai Menghijau

Khusus Jawa Timur (Jatim), kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) jadi paling favorit. Terutama Gunung Bromo.

"Menurut data itu kawasan TNBTS paling tinggi minatnya di Jatim, Bromo jadi favorit," ucapnya.

Angela menjelaskan bahwa Bromo menjadi favorit karena pesonanya semakin menarik. Terutama pasca kebakaran hutan dan lahan (karhutla) beberapa waktu lalu.

"Bromo jadi indah sekali. Saya rasa itu menjadi daya tarik,” tandas Angela.

Baca Juga: Karhutla Padam, Wisata Gunung Bromo Jatim Kembali Dibuka

Sebagai informasi, karhutla terjadi di Gunung Bromo pada awal September 2023. Kebakaran itu terjadi karena flare pengunjung.

Api pun menghanguskan 500 hektare kawasan itu. Api berhasil dipadamkan sembilan hari kemudian.

Editor


Komentar
Banner
Banner