IMOS 2023

Pameran IMOS 2023 Resmi Dibuka, Targetkan Transaksi Rp200 Miliar

Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023 resmi digelar mulai 25-29 Oktober. Menteri Perindustrian yakin pameran ini bisa mendorong industri motor nasional.

Featured-Image
Pameran motor IMOS 2023 resmi dibuka untuk pengunjung. (Foto: Harun/apahabar.com)

bakabar.com, TANGERANG - Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023 resmi digelar hari ini di ICE BSD, Tangerang.

Pembukaan pameran IMOS 2023 dihadiri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Sutarya selaku Wakil Ketua I Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Dalam sambutannya, Menteri Agus mengatakan bahwa IMOS 2023 ditargetkan mampu meraih nilai transaksi lebih baik dari tahun lalu.

"Untuk IMOS tahun lalu saya dapat laporan penjualan sekitar Rp110 miliar atau setara 3 ribu unit motor. Jadi saya menargetkan IMOS 2023 bisa naik menjadi Rp200 miliar atau setara 6 ribu unit," ujarnya, Rabu (25/10).

Agus juga menyebut, gelaran IMOS 2023 diharap dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif roda dua nasional pada tahun ini.

Perlu diketahui, penjualan kendaraan bermotor roda dua penjualan secara domestik periode Januari - September tercatat 4,7 juta unit.

Sementara motor yang diekspor dari Tanah Air mencapai 428 ribu unit dalam periode tersebut.

"Capaian ini meningkat di periode yang sama tahun lalu sebanyak 3,6 juta unit di domestik dan yang diekspor sebanyak 586 ribu unit. Targetnya sampai akhir 2023 penjualan domestik bisa mencapai 6,1 juta, dan ekspor perlu didorong sampai 743 unit," papar Agus.

Menperin juga sempat menyinggung industri kendaraan listrik Tanah Air tengah bertumbuh dan perlu didukung berbagai pihak.

"Saat ini di Indonesia telah tercipta ekosistem kendaraan bermotor listrik roda dua dengan 48 perusahaan motor listrik yang memiliki kapasitas produksi 1,4 juta unit per tahun dengan total investasi Rp800 miliar," terangnya.

Peresmian pembukaan gelaran IMOS 2023. (Foto: Harun/bakabar.com)
Peresmian pembukaan gelaran IMOS 2023. (Foto: Harun/bakabar.com)

Pemerintah juga telah mendorong industri kendaraan ramah lingkungan dengan subsidi Rp 7 juta yang diharap dapat diserap oleh masyarakat.

Sementara itu Sutarya menyampaikan, IMOS 2023 menandakan capaian penting bagi AISI.

"Sebab pameran industri speeda motor ini jadi yang terbesar di Indonesia dengan tema Clean Innovation For Better life. Demi percepatan industri motor listrik, kami mendorong anggota AISI untuk mempercepat kehadiran kendaraan berteknologi ramah lingkungan," jelasnya.

Sekadar info, IMOS 2023 menghadirkan lini produk merek Honda, Yamaha, Suzuki, Selis, Uwinfly, ALVA, Charged EV, Royal Enfield, Polytron, Kool EV, Gova EV, Ion Mobility, Dhelvic, Savart EV, hingga Scomadi.

Pameran tersebut juga diikuti berbagai peserta dari industri pendukung kendaraan bermotor roda dua muaki dari ban, apparel, hingga aftermarket.

Adapun tiket IMOS 2023 bisa dibeli secara online di aplikasi Auto360 dengan harga Rp25 ribu untuk weekdays dan Rp40 ribu untuk weekend.

Tiket IMOS 2023 juga diual di lokasi pameran dengan banderol Rp3 ribu pada kategori weekdays dan Rp50 ribu untuk weekend.

Pameran IMOS 2023 dibuka untuk pengunjung mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

Editor


Komentar
Banner
Banner