Penuaan Dini

Pakai 5 Kandungan Skincare Ini untuk Mencegah Penuaan Dini

Bertambahnya usia menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Jangan khawatir, kandungan skincare ini dapat mencegahnya.

Featured-Image
Rekomendasi Kandungan Skincare untuk atasi penuaan dini. Foto: dok. freepik

bakabar.com, JAKARTA - Bertambahnya usia menyebabkan penuaan dini dan kerutan bertambah, namun jangan khawatir, kandungan skincare ini dapat mencegah anti aging.

Dilansir dari healthline, penuaan dini adalah proses natural dari bertambahnya usia. Penuaan tidak dapat dihindari namun dapat dicegah melalui beberapa cara, salah satunya pola hidup sehat dan menggunakan skincare yang mengandung bahan anti-aging.

Melakukan perawatan anti aging sudah bisa dimulai sejak memasuki usia 20an, dengan menambahkan beberapa kandungan anti-aging dalam rangkaian skincare tersebut.

Beberapa produk terkenal seperti Olay, Lancome, dan SK-II dipercaya dapat mencegah penuaan dini, untuk produk lokal juga memiliki produk skincare untuk anti aging seperti Wardah, Safi dan Avoskin.

Baca Juga: Daftar Bahan dalam Skincare Ini yang Harus Dihindari Penderita Eksim

Namun, beberapa kandungan atau produk yang disarankan oleh para ahli untuk anti aging, sebagai berikut:

Peptides

Menurut salah satu dokter kulit, Debra Jaliman, yang menulis buku 'Skin Rules: Trade Secrets from a Top New York Dermatologist.', peptide dapat merangsang dan meningkatkan produksi kolagen, yang merupakan salah satu hal yang dapat membuat kulit lebih elastis dan halus.

Penggunaan peptides sendiri sudah bisa dilakukan sejak usia 20an, pada usia ini kulit mulai mengalami tanda-tanda penuaan kulit seperti garis halus.

Salah satu bahan alami yang mengandung peptides adalah hewani dan nabati, diantaranya telur, susu, daging, ikan dan kerang, serta pada kacang-kacangan, kedelai, dan gandum.

Retinol

Kandungan satu ini memiliki banyak manfaat untuk kuit salah satunya anti aging, Retinol dapat meningkatkan elastisitas kulit, memperlambat produksi melanin, mengurangi peradangan dan membersihkan pori-pori kulit.

Penggunaan Retinol bisa dilakukan ketika umur menginjak 23 tahun, dan harus dilakukan dengan hati-hati, karena merupakan bahan aktif serta terhindar dari sinar matahari untuk mencegah ketidak efektifannya.

Biasanya penggunaan Retinol dilakukan pada malam hari, dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Beberapa produk Retinol yang terkenal dan efektif di kulit adalah Wardah: Renew You, Avoskin: Miraculous Retinol Ampoule, Somethinc: Level 1% Encapsulated Retinol dan SKINTIFIC: Gentle A Retinol Renewal Serum.

Membersihkan Wajah
Tips membersihkan wajah dengan efektif. Foto: Alodokter.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid sendiri adalah senyawa asam atau zat yang diproduksi tubuh secara alami, ilmuan juga menemukan zat asam ini di tubuh manusia, terutama kulit.

Dilansir melalui medicalnewstoday, sekitar 50% dari total Hyaluronic Acid pada tubuh ada di kulit, perubahan jumlah ini kemungkinan karena paparan sinar UV yang membuat terbentuknya kerutan.

Pada tahun 2014, sebuah penelitian dilakukan dan melibatkan wanita yang rajin menggunakan Hyaluronic dua kali sehari secara rutin selama minggu. Dalam penelitian tersebut disimpulkan bahwa Hyaluronic dapat mengurangi kerutan sebanyak 40%, dan meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit hingga 55%.

Penggunaan Hyaluronic sendiri sudah dapat dilakukan pada usia awal 20an, beberapa sabun cuci muka juga diketahui mengandung senyawa asam ini seperti Loreal, CeraVe, Neutrogena dan Safi.

Ceramides

Ceramides adalah senyawa asam yang secara alami ditemukan di sel kulit dan membuat sekitar 50% dari lapisan luas kulit (epidermis), namun seiring dengan bertambahnya usia, senyawa ini berkurang dan terlihat garis halus dan kerutan di wajah.

Kandungan ini membantu mengunci kelembaban kulit dan menjauhkan dari kering dan iritasi, serta mengurangi garis halus dan kerutan di wajah.

Baca Juga: Ingin Melindungi Wajah dari Sinar Ultraviolet? Oleskan Tabir Surya Tiap Dua Jam

Memilih skincare dengan kandungan ini dapat membuat kulit lebih terhidrasi dan dapat mengurangi garis halus di wajah. Biasanya kandungan ini ditemui di banyak produk skincare seperti cream, lotion, serum dan bahkan sabun cuci muka.

Adapun beberapa bahan alami yang mengandung Ceramides adalah ubi, kedelai, tepung, nasi dan jagung. Beberapa skincare yang mengandung Ceramide adalah Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel, SKINTIFIC Ceramide Moisturize Gel, Avoskin Your Skin Bae Panthenol 5% + Mugwort + Cica Barrier Hero Serum.

Salicylic Acid

Senyawa asam ini biasa digunakan dalam produk perawatan kulit untuk memperbaiki tekstur kulit atau skin barrier, mengurangi penuaan dan meningkatkan sel kulit, bahkan Salicylic Acid dapat digunakan untuk anti jerawat.

Salicylic sendiri berfungsi sebagai exfoliant dengan melembut dan melarutkan keratis, dan membuat kulit beregenerasi secara alami, dan mengurangi munculnya gari-garis halus dan kerutan. Eksfoliasi juga membantu mengurangi sel kulit mati pada kulit, serta membuatnya tampak lebih cerah dan bercahaya.

Kandungan ini dapat digunakan ketika menginjak usia 20tahun lebih, dan beberapa produk skincare yang mengandung Salicylic Acid adalahAvoskin YOUR SKIN BAE SERIES ByeAcne ByeBlackhead Salicylic Acid 2% + Zinc, SKINTIFIC 2% Salicylic Acid Anti Aging and Acne Serum, La Roche Posay Effaclar Salicylic Acid Acne Treatment Serum.

Itulah beberapa kandungan skincare yang dapat mencegah penuaan dini terjadi pada seseorang, selain menggunakan skincare dengan bahan tertentu, menjaga kulit dari sinar UV juga sangat penting dilakukan, guna mencegah kulit menjadi terbakar, membuat garis dan kerutan halus di wajah dan kanker kulit. Menggunakan sunscreen sangat membantu kulit dalam kesehatan kulit, salah satunya mencegah penuaan dini.

Editor


Komentar
Banner
Banner