kesehatan kulit

Daftar Bahan dalam Skincare Ini yang Harus Dihindari Penderita Eksim

Eksim adalah gangguan pembengkakan pada kulit karena terjadi reaksi alergi ditandai dengan timbulnya warna kemerahan, ruam dan rasa gatal.

Featured-Image
Bahan Skincare yang harus dihindari penderita eksim (Foto: dok. suaracom)

bakabar.com, JAKARTA - Eksim merupakan gangguan pembengkakan pada kulit karena terjadi reaksi alergi ditandai dengan timbulnya warna kemerahan, ruam dan rasa gatal.

Gangguan kulit ini tidak menular namun hingga kini penyebabnya dipicu oleh faktor genetik dan lingkungan.

Adapun penyebab lainnya adalah respons sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif terhadap iritan dan alergen, stres, hingga salah memilih bahan skincare.

Salah memilih produk skincare yang mengandung bahan tertentu bisa memicu munculnya eksim. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda harus mengetahui bahan skincare yang harus dihindari.

1. Retinoids

Retinoids merupakan bahan turunan dari vitamin A yang memiliki peranan penting untuk jerawat dan anti-aging. Namun, bahan ini rentan menyebabkan iritasi dan dapat memicu flare eksim.

Bahan ini sebaiknya harus dihindari oleh penderita eksim atau Anda yang memiliki kulit sensitif.

2. Etanol

Etanol merupakan bahan yang sering ditemukan dalam skincare dan harus dihindari oleh pengidap eksim.

Pasalnya, bahan ini mengandung alkohol yang tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif karena akan menimbulkan rasa menyengat, dan kering.

Namun, ada jenis alkohol yang masih aman dipakai oleh pengidap eksim, seperti Cetyl Alcohol.

3. Pewangi

Wewangian merupakan bahan yang ditambahkan ke dalam produk skincare untuk memberikan aroma wangi. Bahan ini adalah alergen yang umum sehingga dapat menyebabkan kulit sensitif bereaksi.

4. Asam Alfa Hidroksi

Kandungan ini yang memiliki nama lain Alpha Hidroxy Acid (AHA) adalah eksfoliator yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Namun kandungan AHA rentan digunakan untuk pemilik kulit sensitif, dikarenakan kandungan tersebut dapat mengeringkan dan membuat kulit iritasi.

Anda dapat mengganti kandungan tersebut dengan asam laktat yang memiliki sifat menghidrasi dan dikenal sebagai salah satu AHA yang paling lembut sehingga aman untuk kulit yang rentan eksim.

5. Minyak Essensial

Meskipun terdapat banyak manfaat, minyak essensial juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Misalnya minyak pohon teh yang terkenal akan sifat anti-jerawat, anti-jamur, dan anti-bakterinya, sehingga sering dimanfaatkan dalam berbagai produk skincare.

6. Urea

Urea juga bisa menjadi bahan lainnya yang banyak ditemukan dalam berbagai produk skincare karena memiliki manfaat untuk beberapa kondisi kulit.

Namun bahan ini bisa menyebabkan iritasi dan berkontribusi pada kerusakan mantel asam kulit. Untuk anda pengidap eksim, ada baiknya untuk menghindari bahan yang satu ini.

Editor
Komentar
Banner
Banner